Jawa Tengah

Wilayah Episentrum Penularan Covid-19 Berkontribusi Dalam Penambahan Jumlah Kasus

Usai Pulang Dari Semarang, Satu Warga Dinyatakan Positif

BeritaNasional.ID, Tegal – Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal dr. Joko Wantoro, dalam konferensi pers, Jumat (07/08/2020) sore, menyatakan bahwa mobilitas warga dari wilayah episentrum penularan Covid-19 kembali berkontribusi menambah jumlah kasus konfirmasi di Kabupaten Tegal. Satu orang warga Kecamatan Bumijawa dinyatakan terpapar virus corona usai pulang dari Kota Semarang.

Joko mengungkapkan, warga dimaksud adalah seorang perempuan, berinisial DS (45) asal Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa. Belakangan diketahui, DS yang berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara fungsional guru ini mengaku dirinya sering bolak balik ke Semarang untuk mengantar dan mendampingi suaminya terapi rutin di RSUP dr. Kariadi, terakhir hari Jumat, (17/07/2020). Beberapa hari sejak kepulangannya dari Semarang, DS mengeluhkan sakit dan sempat berobat ke klinik pengobatan di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Senin (27/07/2020) lalu yang kemudian dirujuk ke UGD Puskesmas Bumijawa.

Joko menambahkan, DS sempat menjalani rawat inap selama dua hari di Puskesmas Bumijawa sebelum akhirnya dirujuk perawatannya ke rumah sakit pada Selasa (28/07/2020) lalu karena hasil pemeriksaan laboratorium menunjukan adanya penurunan trombosit dan mengeluh demam.  Oleh pihak keluarga, DS pun dibawa ke RSI PKU Muhammadiyah Singkil, Adiwerna dan ditetapkan statusnya sebagai suspek karena diketahui ada riwayat perjalanan luar kota.

Karena ada riwayat perjalanan dari Semarang inilah pihak rumah sakit melakukan uji cepat pada pasien DS. Meski hasilnya non-reaktif, lanjut Joko, DS tetap diambil spesimen swabnya pada Rabu (29/07/2020) dan Kamis (30/07/2020). Hasil pemeriksaan RT PCR baru keluar Kamis (06/08/2020) kemarin dan dinyatakan DS terkonfirmasi positif Covid-19. Pada hari yang sama, sorenya, DS pun dirujuk perawatannya dari RSI PKU Muhammadiyah Adiwerna ke RSUD dr. Soeselo Slawi untuk penanganan lebih lanjut.

Dari penelusuran kasus tersebut didapatkan 35 orang yang menjadi kontak eratnya, termasuk petugas medis dan kerabatnya sesama pendidik. Adanya petugas medis yang masuk daftar kontak eratnya tersebut karena awalnya DS tidak menyampaikan adanya riwayat perjalanan dari Semarang saat dilakukan anamnesa oleh petugas kesehatan Puskesmas Bumijawa. Terlebih, adanya nosokomial atau infeksi yang terjadi di lingkungan rumah sakit seperti RSUP dr. Kariadi menjadikan orang yang sehat rentan terpapar. Joko mencontohkan, penularan Covid-19 pada pasien MS (17) dan kedua orang tuanya asal Desa Gembong Kulon, Kecamatan Talang diduga kuat terjadi di RSUP dr. Kariadi Semarang, termasuk sebelumnya, kasus pasien balita usia dua tahun asal Desa Getaskerep, Kecamatan Talang.

“Selain sudah kita minta untuk karantina mandiri dibawah pengawasan Satgas Covid-19 desa, Jogo Tonggo dan Puskesmas Bumijawa, mereka yang menjadi kontak erat DS sudah kita ambil spesimen swabnya hari Jumat (07/08/2020) siang ini,” ungkap Joko.

Dengan demikian, imbuh Joko, total terdapat 57 kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Tegal. Dari jumlah tersebut, 39 orang sembuh, 11 orang sedang menjalani perawatan dan tujuh orang meninggal dunia.*

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button