AdvedtorialPemkab Wajo

Wujud Nyata dan Komitmen Kinerja, Kepala OPD dan Camat Lingkup Pemkab Wajo Teken Perjanjian Kinerja

BeritaNasional.ID, WAJO SULSEL – Kepala OPD dan Camat Lingkup Pemerintah Kabupaten Wajo melakukan Penandatanganan Perjanjian Kinerja. Penandatanganan disaksikan langsung Bupati Wajo, Amran Mahmud didampingi Sekda Wajo, Armayani dan para Asisten Sekda di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati, Sabtu (28/10/2023).

Bupati Wajo, Amran Mahmud menjelaskan bahwa penandatanganan perjanjian kinerja ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam siklus penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), sesuai amanah peraturan perundang-undangan.

“Perjanjian kinerja berisi penugasan dari kami selaku sebagai pemberi amanah kepada para Kepala Perangkat Daerah dan Camat untuk melaksanakan program dan kegiatan yang menunjang pencapaian visi dan misi pembangunan, khususnya dalam melaksanakan arah kebijakan pembangunan tahun 2023,” ucapnya.

Amran Mahmud menyebut, tujuan yang hendak dicapai dalam perjanjian kinerja tersebut merupakan wujud nyata dari komitmen Kepala OPD dan Camat dalam menunjukkan kerja dan kinerjanya.

Hal ini, lanjut Amran sangat penting karena menjadi salah satu instrumen dalam menilai keberhasilan atau kegagalan dalam pencapaian tujuan dan sasaran perangkat daerah.

“Perjanjian kinerja menjadi acuan bagi kami dalam melakukan monitoring, pengendalian dan evaluasi, serta supervisi atas kemajuan kinerja baik secara individu maupun organisasi,” ujarnya.

Secara individu, perjanjian kinerja menjadi pondasi dalam penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), sedangkan secara organisasi menjadi dasar dalam penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun 2023.

“Saya berharap apa yang kita perjanjikan hari ini menjadi amanah. Program kegiatan pembangunan yang akan kita laksanakan dalam bulan mendatang hingga akhir 2023 menjadi lebih terstruktur dan dibarengi dengan pola pemanfaatan anggaran kinerja yang positif,” ungkapnya.

Ketua DPD PAN Wajo ini menegaskan, setelah penandatanganan perjanjian dilanjutkan dengan penyusunan Perjanjian Kinerja bagi para Pejabat Administrasi, Pejabat Pelaksana dan para Pejabat Fungsional di lingkungan kerja masing-masing.

“Saya memerintahkan agar di akhir tahun pembangunan 2023 ini, target-target pembangunan khususnya 25 Kerja Nyata yang menjadi program prioritas pembangunan Kabupaten Wajo Tahun
2019-2024, pencapaiannya dapat terakselerasi,” pungkasnya.

Sebelumnya kepala Bappelitbangda Wajo Andi Pallawarukka mengatakan, penandatangan ini merupakan sebuah bentuk komitmen sebagai aparatur negara yang diberikan tugas oleh Bupati Wajo sesuai dengan anggaran di instansi masing-masing. (Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button