DaerahRagamSumateraSUMUT

Yon SMAN 1 Gebang Juara 1 dan 2 Grilya Napak Tilas Brandan Bumi Hangus

BeritaNasional.ID,Langkat – Batalyon pelajar SMA Negeri 1 Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, meraih juara I dan 2 katagori peserta Pelajar dalam lomba Grilya Napak Tilas dalam memperingati Brandan Bumi Hangus ke 76 tahun, yang diumumkan Panitia Peringatan Brandan Bumi Hangus, pada Sabtu (13/8/2022) di Lapangan Petrolia Pertamina Pangkalan Brandan.

Grilya Napak Tilas menelusuri jalan perkampungan, kawasan pesisir persawahan dari Desa Pasar Rawa, Kecamatan Gebang menuju Pangkalan Brandan. Rute yang ditempuh sepanjang 15 KM sejak Jumat-Sabtu (12-13/8/2022). Terdapat ribuan peserta mengikuti acara tersebut, baik dari kalangan umum, pelajar SLTA dan SLTP se Kabupaten Langkat dan Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

“Peserta Yon B-II.5 putri SMA Negeri 1 Gebang meraih pemenang pertama lomba Napak Tilas Brandan Bumi Hangus, dengan Danrunya Listawati. Dan Peserta Yon B-I.10 putra meraih juara kedua, dengan Danrunya Timmy Muharram. Mereka meraih tropy dan uang saku dari Plt Bupati Langkat Syah Afandin,” kata Musa Pasaribu, Ketua Panitia Napak Tilas Brandan Bumi Hagus.

Pantauan beritanasional.id, penutupan acara Napak Tilas, digelar Lapangan Petrolia Pertamina Pangkalan Brandan. Pada hari itu juga, diadakan drama kolosal perjuangan laskar/pejuang, persis terjadinya pembakaran kilang minyak Permina (Pertamina sekarang) oleh pejuang, sebelum dikuasai KNIL (Tentara Belanda) pada agresinya kedua tahun 1947. Dentuman suara bom dan tembakan dilakukan pasukan dari Yonif 8 Marinir Harimau Putih Pangkalan Brandan.

#Upacara Penutupan Dilakukan Plt Bupati Langkat Syah Afandin

“Hari Brandan Bumi Hangus ini Momentum kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Jangan ada lagi hasut menghasut diantara kita masyarakat Langkat, tidak ada perbedaan suku, Langkat harus bersatu. Merdeka,” kata Syah Afandin.

Sebelumnya, pelepasan peserta grilya, Jumat (12/8/2022) dilepas Asisten I Pemerintahan Pemkab Langkat Drs Hermansyah di Lapangan Desa Pasar Rawa Kecamatan Gebang, (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button