Jawa Tengah

Ziarah Sesepuh, Bupati Tegal Berharap Masyarakat Merawat Hasil Perjuangan Para Pendahulu

BeritaNasional.ID, Tegal – Setelah melakukan ziarah ke Makam Pendiri Tegal, Ki Gede Sebayu di Desa Danawarih, Bupati Tegal Umi Azizah langsung melanjutkan ziarah ke Makam Sunan Amangkurat 1 di Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Kamis (8/4/2021).

Rombongan bupati Tegal langsung disambut oleh tokoh ulama setempat yang didampingi oleh juru kunci. Kegiatan ini dalam rangka menyambut bulan Ramadhan sekaligus jelang hari jadi Kabupaten Tegal yang ke 420.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan bahwa ziarah ke makam pendahulu merupakan wujud penghormatan terhadap jasa-jasa dan perjuangan leluhur kita yang telah berjasa dalam membela kebenaran, memperjuangkan kemakmuran bagi masyarakat.

“Ini bagian dari ikhtiar kami Pemerintah Kabupaten Tegal dan tentunya mengingatkan kepada masyarakat agar tidak melupakan sejarah (jasmerah),” ungkap Umi.

Bupati juga menjelaskan bahwa tradisi ziarah ini merupakan tradisi baik sebagai bentuk merawat kearifan lokal, merawat hasil perjuangan dan pencapaian para pendahulu.

“Tujuan ini sebagai bagian dari penghormatan dan fitrah bakti kita terhadap beliau-beliau yang sudah berjasa besar bagi masyarakat Kabupaten Tegal,” jelasnya.

Umi juga berharap apa yang dijalankan selama periode kepemimpinannya mendapat restu dan dukungan dari para sesepuh sehingga apa yang diharapkan masyarakat dapat tercapai dengan baik.

“Mudah-mudahan kehadiran dan kebersamaan, ikhtiar kami Pemerintah Kabupaten Tegal selalu direstui dan mendapat dukungan, sehingga kami bisa menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan selalu berorientasi pada kesejahteraan masyarakat,” papar Bupati.

Selain ziarah ke Makam Sunan Amangkurat 1, Bupati beserta rombongan juga melakukan ziarah ke Makam RA. Kardinah (Adik RA. Kartini) yang lokasinya berdekatan, tepatnya sebelah barat Makam Sunan Amangkurat 1.

Ikut hadir dalam ziarah tersebut, Bupati Tegal, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal, Perwakilan Polres Tegal, Perwakilan Kodim 0712/Tegal, Lanal Tegal, serta pejabat terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button