Daerah

Pembangunan Posyandu Wujud Dukungan Pemerintah Kelurahan Terhadap Program Bupati ASA

BeritaNasional.ID, SINJAI – Pembangunan posyandu wujud dukungan Pemerintah di Kelurahan Onrong Datu terwujud melalui program milik Bupati ASA. Program ini diwujudkan dalam rangka memenuhi sarana kesehatan, terutama untuk melaksanakan kegiatan keposyanduan. Ikramullah, lurah Lamatti Rilau, Kecamatan Sinjai Utara, yang dilantik semenjak 17 Juli tahun 2020 lalu, berhasil mengkokoh kan pos pelayanan terpadu (Posyandu) yang sebelumnya belum ada di Lingkungan Onrong Datu.

Kata Ikramullah, sebelum gedung Posyandu hadir, pelaksanaan kegiatan Posyandu selalu bertempat di salah satu rumah warga. Hal inilah yang mendorong Pemerintah Kelurahan untuk menganggarkan pembangunan gedung Posyandu tersebut.

“Kebetulan ada warga yang mau menghibahkan tanahnya untuk pembangunan Posyandu. Alhamdulillah kegiatan sekarang sudah terpusat di gedung ini, tidak lagi dirumah warga,” jelasnya. Senin (27/9/2021).

Posyandu ini dibangun tahun 2020 lalu dengan pelaksanaan swakelola kelompok Tani Maseddi Ada’, menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Kelurahan tahun 2020 sebesar Rp80 juta.

Ia menambahkan jika keberadaan gedung Posyandu ini wujud dukungan pemerintah kelurahan terhadap program Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dalam mendekatkan layanan kesehatan.

“Dana kelurahan memang diperuntukkan untuk warga, jadi kita upayakan dan terealisasi. Yang kelola sekarang ini adalah kader Posyandu dari TP PKK Sinjai melalui PKK Kelurahan,” imbuhnya.

Kini Posyandu tersebut telah dimanfaatkan petugas kesehatan Puskesmas Balangnipa, kader Posyandu dan warga setempat untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam bidang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), hingga Imunisasi dan pelayanan Gizi.

“Alhamdulillah sudah difungsikan warga untuk melakukan segala aktivitas yang biasa dilakukan di setiap Posyandu,”Tutup Ikramullah. (Alamsyah)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button