Sulawesi

148 Wargabinaan Rutan Makassar, Rekam Cetak KTP-el

image_pdf

Beritanasional.ID – Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas I Makassar ikuti rekam cetak KTP-el yang diselenggarakan di aula gedung II Rutan Makassar. Kamis, (17/01).

Perekaman diikuti oleh para WBP yang tidak memiliki KTP, juga karena hilang atau rusak.

Kegiatan yang diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Hadir pada kegiatan tersebut Budi Hartoyo dan Eko Hidayat dari Kanwil Kumham Sulsel Kepala Rutan Kelas I Makassar beserta jajaran yang turut mengawasi berjalannya kegiatan perekaman KTP-el tersebut.

Perekaman KTP ini diselenggarakan secara serentak seluruh Lapas/Rutan di Indonesia yang diselenggarakan langsung melalui aplikasi Zoom. Dirjen Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami dalam sambutannya melalui aplikasi mengatakan bahwa perekaman ini dilakukan di Lapas dan Rutan seluruh Indonesia untuk mendukung pelaksanaan Pemilu yang dilaksanakan April mendatang. Kegiatan dilakukan melalui koordinasi antara Kementerian Hukum dan HAM dengan Kementerian Dalam Negeri dan KPU.

Kepala Rutan Kelas I Makassar menerangkan bahwa pendataan warga binaan sudah kita lakukan sejak pertemuan dengan Ketua KPU beserta Bawaslu pada pekan lalu yang disusul koordinasi dengan Dinas Dukcapil terkait teknis pelaksanaan perekaman tersebut.

“Pendataan sudah dilakukan oleh Kepala Sub Seksi Administrasi dan Perawatan yang berkoordinasi dengan Kepala Seksi Pelayanan Tahanan. Dan jumlah data warga binaan yang didaftar untuk melakukan perekaman hari ini adalah 148 orang. Namun hanya 68 orang yang berhasil melakukan cetak KTP-el dan selebihnya bermasalah.

Sementara itu Kepala bidang Kependudukan, Meliana mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan dengan metode jemput bola kepada masyarakat pada umumnya.

“Sebelumnya kami meminta kesadaran masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam melancarkan pemilu dengan turut serta dalam perekaman ini,” tegasnya.

Setelah beberapa WBP selesai melakukan perekaman dan cetak KTP-el, dilakukan penyerahan secara simbolis oleh Pejabat Kanwil Kumham Sulsel, Pejabat Dinas Dukcapil dan Kepala Rutan Kelas I Makassar kepada 5 (lima) orang WBP.

Kegiatan rekam cetak berlangsung hingga pukul 15.00 Wita dan akan dilanjutkan besok hingga hari Sabtu. *)

*) Humas Rutan Kelas I Makassar

Show More

Related Articles

Back to top button
Close