SUMUT

150 Guru Ikuti TPN 9 di Binjai

BeritaNasional.ID, Binjai – Sebanyak 150 guru mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA di Kota Binjai mengikuti kegiatan Temu Pendidik Nusantara (TPN) 9 yang berlangsung di SD Negeri 024772, Jalan Bejomuna, Kel. Dataran Tinggi, Kec. Binjai Timur. Kegiatan TPN 9 di Binjai sendiri berlangsung selama 2 hari yakni mulai tanggal 13 sampai 14 Agustus 2022.

“Temu Pendidik Nusantara (TPN) 9 Binjai merupakan rangkaian kegiatan Roadshow TPN 9 yang dilaksanakan pada Bulan Oktober 2022. Ada 50 daerah yang dilaksanakan TPN 9, salah satunya Binjai,” kata Arif selaku Seksi Publikasi sekaligus Pengurus Jaringan Sekolah Madrasah Belajar saat ditemui di sela-sela acara pelatihan KGBN di SD Negeri 024772 Binjai Timur, Sabtu (12/8/2022) siang.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan untuk wilayah Sumatera Utara pelatihan KGBN ini digelar di 4 daerah. Yakni Medan mulai tanggal 6 sampai 7 Agustus 2022, Kota Binjai, lalu Langkat tanggal 22 Agustus 2022 dan terakhir Labusel tanggal 28 Agustus 2022.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara KGBN Binjai dan Labuhan Batu berupa kegiatan pertemuan guru Binjai dan Labuhan Batu,” sebutnya.

Tujuan digelarnya pelatihan ini, kata Arif, untuk mengembangkan kompetensi guru agar dapat lebih mudah memahami tentang kurikulum merdeka.

“Pada kegiatan ini di laksanakan 2 hari mulai tgl 13-14 Agustus 2022 secara Hybrid ( Luring dan Daring) kelas kompetensi secara luring dan kelas kemerdekaan secara daring (online),” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator KGBN Kota Binjai Muammar Firman menjelaskan kegiatan temu pendidik Nusantara ini adalah event tahunan yang dilaksanakan oleh KGBN. Dimana untuk tahun ini dilaksanakan di 50 daerah kabupaten/Kota se-Indonesia dan juga 20 negara.

“Ini adalah momen dimana para guru-guru bisa berkumpul saling belajar dan saling berbagi praktik baik. Nah disini para guru dituntut untuk saling berkolaborasi sehingga praktik baik itu dapat tersebar ke seluruh pendidik di Nusantara,” katanya.

Beliau berharap praktik baik yang dibagikan dalam pelatihan KGBN ini bisa menjadi referensi bagi para pendidik di sekolah. Sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah.

“Tujuannya itu untuk kebaikan proses belajar mengajar yang diikuti murid di sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Paud dan Binmas Dinas Pendidikan Kota Binjai, Bambang Lestrika MAP dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi para guru dalam proses belajar mengajar di sekolah. (bay)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button