ACEH

Semarak HUT Kemerdekaan RI Ke-77, BPBD Gelar Kekompakan dan Kebersihan Pos Damkar

BERITANASIONAL.ID, ACEH TAMIANG — Dalam menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 Tahun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang menggelar perlombaan untuk Pos Pemadam Kebakaran Kebakaran (Damkar).

Perlombaan untuk tiga unit Pos Pemadam Kebakaran Kebakaran (Damkar) terdiri dari menghiasi dan membersihkan pos yang di kerjakan secara gotong royong sesama tim dengan tujuan terbentuk kekompak dan tanggungjawab sehingga timbul rasa saling memilik.

” Perlombaan untuk Pos Pemadam Kebakaran ini dalam rangka HUT RI Ke-77, dengan tujuan membangun rasa kekompakan dalam tim. Tentu dalam hal ini kita harus menginpirasi perjuangan merebut kemerdekaan,” sebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang Iman Suhery, STP, MSP kepada BERITANASIONAL.ID diruang kerjanya, Selasa (16/8/2022).

Iman Suhery yang akrab dipanggil Bayu menjelaskan Petugas Damkar sesuai dengan sebutan Yudha Brama Jaya bermakna Yudha berarti perang, Brama berarti api, Jaya berarti menang. Jadi Yudha Brama Jaya bermakna kemenangan dan keberhasilan dalam perang mealawan kebakaran.

” Jadi petugas harus bangga, karena dalam menjalankan tugasnya hanya satu tujuannya yaitu kemenangan dan keberhasilan dalam perang mealawan kebakaran,” urai Bayu.

Untuk mencapai kemenangan dalam menjalankan tugas, sambung Bayu maka diperlukan kekompakan dalam tim.

“Nah kekompakan tim ini yang kita nilai untuk tiga Pos Damkar. Mereka harus kompak, bahu membahu dan yang terpenting adalah rasa memiliki dan kepedulian terhadap pos,” tegasnya.

Kemudian, lanjut Bayu, tentunya dalam kegiatan ini dengan melibatkan seluruh personil Damkar sekaligus sebagai upaya dari bagian rangkain evaluasi Tim Work.

“Kalau kita kaitkan dengan kemerdekaan, tentu ini untuk memberikan pengajaran bagi seluruh personil akan arti perjuangan, bagaimana nilai perjuangan dari seluruh pahlawan dalam merebut kemerdekaan pada masa lalu. Sementara kalau dibawa ke lomba dan pertandingan, kita berjuang lagi untuk melayani masyarakat, berjuang untuk memberikan penyelamatan kepada masyarakat,” jelas Bayu mengakhiri.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button