Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
TNI Dan Polri

22 Ribu Personel Gabungan Polri dan TNI Siap Amankan Pemilu 2019 di Sumut

image_pdf

BeritaNasional.ID Medan – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 di Sumatera Utara (Sumut).

Sebanyak 22.000 personel gabungan TNI, Polri dan organisasi masyarakat disiagakan mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan selama Pemilu 2019 di Sumatera Utara.

Kapolri dan Panglima TNI didampingi Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto serta Pangdam I Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Sabrar Fadhilah melakukan pemeriksaan kesiapan personel dan perlengkapan yang akan digunakan dalam pengamanan proses Pileg dan Pilpres 2019 di Lapangan Benteng, Jalan Kejaksaan, Kamis (11/4/2019) pagi.

Saat melakukan pengecekan, Kapolri juga berpesan kepada jajarannya agar senantiasa menjaga masyarakat.

“Jangan takut–takuti masyarakat dan jaga daerah keamanan masing–masing,” kata Kapolri.

Sementara itu, Kapoldasu Irjen Pol Agus Adrianto dalam keteranganya mengatakan, pengamanan Pemilu 2019, Polda Sumut dibackup Kodam 1 Bukit Barisan.

“Kita mendapat kehormatan untuk melakukan apel kesiapan yang dihadiri dan dicek Bapak Panglima TNI dan Kapolri. Artinya beliau meyakinkan betul pada kita sekalian (pihak keamanan) di Sumut siap melakukan tahapan pengamanan Pemilu yang sebentar lagi kita laksanakan,” katanya.

“Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk kesiapan untuk kita tunjukan kepada masyarakat bahwa kita siap melakukan pengamanan pemilu 2019,” kata Kapoldasu.

Menurut Agus, menanggapi potensi kerawanan Pemilu, pihak Polri mengacu data yang dikeluarkan KPU. “Kalau dari indeks yang dikeluarkan KPU, Sumatera Utara ini urutan ke–28 dari 34. Namun demikian kita tidak boleh underestimate (meremehkan). Kita tetap siaga, waspada dan siap sedia untuk tahapan pemilu,” jelasnya.

Senada dengan itu, Mayor Jenderal TNI Sabrar Fadhilah mengamini keterangan Kapolda Sumut. “Saya setuju apa yang di sampaikan Kapolda. TNI siap mendukung Polri menyelenggrakan agar Pemilu ini aman damai lancar,” katanya.

Parade personel kepolisian seusai upacara, Fadhilah juga mengatakan TNI, Polri menjamin netralitas dan itu sudah menjadi keharusan.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memeriksa pasukan menyatakan sudah siap mengamankan Pemilu nanti. Secara serentak pasukan TNI mengucapkan “Siap Panglima,”.

Sementara Kapolri Jendral Tito Karnavian yang sempat berbincang kepada komandan pasukan, mengatakan apakah pasukan sudah siap untuk mengamankan Pemilu di wilayah Sumatera Utara.

“Kami siap dan akan mengamankan wilayah Sumut untuk Pemilu nanti,” ucap komandan pasukan. (Kiel)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close