ACEHRagam

Idul Adha Tahun Ini, Aceh Besar Tak Gelar Pawai Takbir

BeritaNasional.ID, Kota Jantho – Pelaksanaan salat Idul Adha tahun ini akan dilaksanakan di halaman Masjid Agung Almunawarah kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar- Aceh, bertindak sebagai khatib Tgk H Husaini A Wahab (Wakil Bupati Aceh Besar) yang akan berlangsung pada hari Minggu, 11 Agustus 2019.

Selanjutnya penyembelihan hewan kurban yang terkumpul pada Panitia kurban Kabupaten dan Open House dibuka di Rumah dinas Wakil Bupati Aceh Besar di Gampong (Desa) Jantho Makmur kecamatan setempat.

Perayaan Idul Adha dipaatikan tidak semeriah tahun sebelumnya, karena gema takbir tidak dapat menyapu kesunyian malam di Aceh Besar, karena tidak diadakan pawai takbir sebagaimana tahun sebelum. Tidak disebutkan alasan pasti tidak digelarnya pawai takbir tersebut, tapi sekilas isu berkembang adalah disebabkan Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali sedang tidak di tempat.

Kadis Syariat Islam Kabupaten Aceh Besar, Carbaini yang dikonfirmasi tidak banyak berkomentar. Hanya menyebutkan bahwa pawai takbir hanya diakukan setahun sekali.

“Pawai takbir hanya kita lakukan setahun sekali di hari raya idul fitri, untuk idul adha cukup dilaksanakan di pusat ibadah dilingkungan masing masing,” kata Carbaini.

Sebagaimana di ketahui sebelumnya, aktivitas pelaksanaan pawai takbir itu, dilakukan setiap malam hari raya, yang dipusatkan di halaman masjid Agung Kota Jantho, tapi sejak periode ini pemusatan pawai takbir dilaksanakan di halaman Masjid Jamik Ingin Jaya, Lambaro yang digelar setiap malam hari raya idul fitri. Sedangkan untuk hari raya Idul adha, tidak dilaksanakan malah disarankan agar masyarakat menggear takbir di Masjid Atau Menasah (Surau) di lingkungan masing-masing.

Kecuali itu, di tahun idul adha 1440 H ini pemkab Aceh Besar juga tidak menggelar ope house di halaman masjid Agung Almunawarah Kota Jantho, seperti iduf fitri lalu.

Memang tahun ini menyambut idul adha, Masyarakat Aceh Besar sedang tidak bersama bupatinya, karena Bupati dan istri sedang menunaikan Ibadah haji di Tanah suci, Mekah Almukarramah. (Alan)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close