Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
NasionalSulawesi

286 Napi Lapas Polewali Ikut Nusantara Mengaji

image_pdf

BeritaNasional.id – POLEWALI – SULBAR — Lantunan ayat-ayat suci Al-Quran menggema di seluruh lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan) seluruh indonesia dengan melibatkan para narapidana (napi) muslim.

kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Nusantara Mengaji dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kemenkumham RI ini berlangsung serentak Kamis 20 april. mulai pukul 10.00 Wita.

Akhmad staf administrasi dan pembinaan Lapas Polewali mengatakan program nusantara mengaji dihelat dalam rangka menyambut hari amal bakti pemasyarakatan yang jatuh pada tanggal 27 april, selain itu, para napi diajak mengaji bersama agar mental spiritual mereka semakin baik dan kuat, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran atau perbuatan yang melawan hukum baik selama di lapas maupun ketika sudah keluar dari lapas.

” Selama menjalani pembinaan di Lapas Polewali, para napi kita gembleng pembinaan mengaji rutin dua kali seminggu, melalui program ini kita bisa lihat perkembangannya,” ujarnya.

Ia menambahkan napi keseluruhan berjumlah 305 orang namun yang mengikuti nusantara mengaji 286 napi muslim yang dibina di lapas kelas II B Polewali.,” ada 19 orang yang non muslim jadi mereka tidak ikut khatam alquran ini,” jelas Akhmad.

Sementara itu ditempat yang sama, Hasan Bado Ketua DPW PKB Sulbar menjelaskan nusantara mengaji yang digelar serentak di seluruh Lapas dan Rutan di indonesia tidak ada hubungannya dengan partai PKB namun inisiator nusantara mengaji pertama kali dicetuskan Muhaimin Iskandar Ketua Umum PKB karena merupakan panduan utama dalam menegakkan islam,” karena kita ingin kegiatan mengaji dapat membuka hati dan pikiran para napi jadi kita bersinergi, tapi bukan kegiatan partai, semua komponen dilibatkan baik dari nadhlatul ulama( NU ) maupun PMII, ” Tandasnya.  (*za/wawan)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close