AdvedtorialDaerahPemkab SidrapRagamSidrapSulawesi

35 PTKIS Sulawesi Maluku dan Papua Berlaga di Sidrap

BeritaNasional. ID, Sidrap—Sebanyak 35 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Wilayah VIII, meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua bersua di Kabupaten Sidrap.

Tujuan mereka sama, untuk mengikuti Pekan Olahraga Seni dan Kegiatan Ilmiah (POSKI) II yang digelar 8 sampai 13 Juli 2019 di Bumi Nene Mallomo Sidrap.

Sedikitnya 1.539 orang akan terlibat dalam kegiatan POSKI, Terdiri 1.332 Mahasiswa, Ketua kontingen 35 orang dan official 172 orang.

Pembukaan POSKI II berlangsung di Lapangan Kompleks SKPD Sidrap. Senin, 8 Juli 2019, ditandai defile para peserta.

Kadispora Sidrap, Andi Anis Dahlan mewakili Bupati Sidrap mengucapkan selamat datang kepada para peserta POSKI II di Kabupaten Sidrap.

“Semoga kegiatan ini menjadi event yang mencerdaskan anak bangsa, mempererat silaturahmi sekaligus memperkenalkan potensi Kabupaten Sidrap,” ujar Anis Dahlan.

Sementara Kabid Kepemudaan dan Olahraga Pemrov Sulsel, Sabbaruddin, menyambut baik kegiatan tersebut.

Lanjut Sabaruddin, Selain ajang kompetisi bagi Mahasiswa dan Mahasiswi, juga mempererat silaturahmi sesama Perguruan Tinggi,” ungkap Sabaruddin.

Hadir dalam pembukaan, Koordinator Kopertais wilayah VIII Prof Dr. H. Musafir Pabbari, Ketua DPRD Sidrap H. Zulkifli Zain, Ketua STAI DDI Sidrap Dr Mansur M Ag, Kakan Kemenag Sidrap H. Irman, S.Ag dan Kapolsek Maritengngae, Iptu Abdul Samad .

Untuk diketahui, kategori perlombaan dengan motto “POSKI Is The New Spirit Of PTKIS” tersebut yaitu Olahraga, Seni, dan Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa.

Sedangkan untuk cabang olahraga yaitu Bola Volly Putra-Putri, Tenis Meja, Sepak Takraw, Bulu Tangkis, Futsal, dan Pencak Silat.

Di bidang seni yaitu Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Al Quran (MHQ), Musabaqah Syahril Quran (MSQ). Kemudian Kaligrafi, Pop Solo Islami, puitisasi terjemahan Alquran dan Hadist, peragaan busana muslim, qasidah rebana klasik, lomba pidato tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab), lomba bercerita Islami, dan lomba mengarang Islami.

Sedangkan lomba karya Ilmiah mahasiswa yaitu debat ilmiah mahasiswa (Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia).

Pertandingan dan perlombaan akan dihelat di sejumlah lokasi, yakni di Stadion Ganggawa, Futsal Ratulangi, Padepokan Pencak Silat dan Gedung Juang 45 dan Kampus STAI DDI Pangkajene Sidrap.

(Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button