HeadlineNasionalPemerintahan

4 Menteri Dipanggil MK, Jokowi : Mereka Akan Hadir Jum’at

“Ketua MK : Pemanggilan 4 Menteri Bukan Semata-mata Mengabuli Permohonan Anies dan Ganjar”

BeritaNasional.ID, Jakarta — Tanggapi soal pemanggilan empat Menterinya untuk hadir pada Sidang Sengketa Pilpres 2024 oleh Mahkamah Konstitusi (MK), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, keempat Menteri Kabinet Indonesia Maju tersebut akan hadir memenuhi panggilan MK pada Jum’at (5/3) mendatang.

“Ya semuanya akan hadir karena diundang oleh MK, semuanya hadir hari Jumat nanti,” ujarnya dilansir dari laman kompas.com saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4).

Keempat menteri yang dimaksud, yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Ditanyakan soal apakah dia memberikan arahan kepada keempat menterinya itu sebelum menyampaikan penjelasan di MK, dirinya hanya menjawab para menteri yang hadir di MK nantinya akan memberi penjelasan sesuai tugas masing-masing.

“Ya menerangkan apa yang sudah dilakukan masing-masing menteri. Kalau Bu Menteri Keuangan, ya mengenai anggaran seperti apa. Kalau Bu Mensos, mengenai bantuan sosial dijelaskan seperti apa. Nanti akan dijelaskan semuanya lah, ditunggu saja hari jum’at ya,” pungkasnya.

Sementara itu, saat dimintai keterangan lebih lanjut soal dugaan politisasi bantuan sosial (bansos) dalam pilpres yang juga disebut-sebut dalam sidang di MK, Jokowi menyatakan tidak mau memberikan komentar.

“Saya enggak mau komentari apa pun yang berkaitan dengan MK,” imbuhnya.

Sebagai informasi, sebelumnya sempat heboh akan permintaan Capres-Cawapres nomor urut 01 dan 03 yang meminta MK menghadirkan para menteri untuk memberikan keterangan dalam Sidang Sengketa Pilpres 2024.

Kemudian MK akhirnya memutuskan memanggil empat orang menteri Kabinet Indonesia Maju untuk berbicara dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2024 pada Jum’at mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua MK, Suhartoyo dalam sidang, Senin (1/4) kemarin.

“Jumat akan dicadangkan untuk pemanggilan pihak-pihak yang dipandang perlu oleh Mahkamah Konstitusi berdasarkan hasil rapat Yang Mulia Para Hakim tadi pagi,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Suhartoyo lantas menyebut pemanggilan keempat menteri bukan berarti MK mengakomodir permintaan Capres-Cawapres nomor urut 01 dan 03 selaku pemohon. Ia menjelaskan dalam sidang sengketa seperti ini, MK tidak bersifat berpihak dengan mengakomodir keinginan salah satu pihak terlibat sengketa.

“Jadi semata-mata untuk mengakomodir kepentingan para hakim. Jadi dengan bahasa sederhana, permohonan para pemohon sebenarnya kami tolak, tapi kami mengambil sikap tersendiri karena jabatan hakim, pihak-pihak ini dipandang penting untuk didengar di persidangan yang mudah-mudahan bisa didengar pada hari Jum’at nanti,” jelasnya.

Ada pula satu pihak lain yang akan dipanggil MK pada Jumat, yaitu Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

(Ay/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button