DaerahSosialSUMUT

48 Warga Ikuti Pelayanan Gratis Operasi Katarak di RSUD Batubara

Berita Nasional.ID, Batubara Sumut – Pemerintah Kabupaten Batubara melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana (P2KB) menggelar operasi mata katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batubara, Sabtu (13/08/2022).

Operasi Katarak ini diikuti sebanyak 48 orang yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Batubara, yang antusias mengikuti operasi secara gratis ini.

Selain itu, Pemerintah juga memberikan bantuan berupa bahan pangan kepada masyarakat yang usai menjalani operasi.

Bupati Batubara Ir.Zahir.M.AP., diwakili Kepala Dinas Kesehatan P2KB drg. Wahid Khusyairi mengatakan katarak adalah penyakit mata yang disebabkan lensa mata mengalami kekeruhan sehingga pandangan seseorang menjadi kabur.

“Jika terlambat diobati atau salah dalam penangganan, katarak bisa berakibat kebutaan permanen,” sebutnya.

Katarak ini, selain menimbulkan kesusahan bagi penderita, juga dapat berdampak sosioekonomi apa lagi yang terkena katarak merupakan kepala keluarga.

Mayoritas katarak disebabkan karena faktor usia, dan sebagian besar penderita katarak berusia 60 tahun yang disebut senilis.

“Permasalahan yang dihadapi saat ini masih kurangnya tenaga dokter spesialis mata, dan umumnya penderita mata katarak memiliki ekonomi yang berada di level menengah ke bawah sehingga untuk membayar biaya operasi di rumah sakit atau klinik spesialis mata mereka tidak mampu,” ujar drg Wahid.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Batubara peduli terhadap masyarakatnya dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan mengajak semua pihak untuk bergandeng tangan bersama-sama membantu mereka yang membutuhkan.

Berdasarkan data saat ini angka kebutaan mencapai 3% dari jumlah populasi dan 81% kebutaan disebabkan katarak. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button