Daerah

576 Siswa SMK Negeri 1 Bawang Ikuti Wisuda Online

BeritaNasional.ID,  BANJARNEGARA – Pelaksanaan penamatan atau wisuda bagi siswa SMK Negeri 1 Bawang untuk thun 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Akibat Pandemi Wabah COVID-19 menyebabkan 576 peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Bawang Tahun Pelajaran 2019/2020 mengikuti wisuda secara online.

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2020 yang lalu, SMK Negeri 1 Bawang, Kabupaten  Banjarnegara melaksanakan kegiatan wisuda/pelepasan siswa dengan metode  digital/online.

Dalam wisuda online tersebut, peserta didik mengikuti pelepasan dari rumah masing-masing secara siaran langsung melalui website SMK Negeri 1 Bawang dan YouTube SkansaTV serta video conference.

Dra. Widiastuti, M.M, Kepala SMK Negeri 1 Bawang mengatakan,, pelaksanaan Wisuda Online untuk mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid- 19, siswa bersama keluarganya mengikuti wisuda di rumah masing-masing.  Selain disiarkan langsung melalui youtube wisuda online ini juga disiarkan langsung melalui facebook dan instagram.

Dalam wisuda yang bertemakan “Perjuangan Menuju Masa Depan Gemilang”.   Komite sekolah menyerahkan kembali peserta didik kepada orang tua siswa. Bahrodin selaku ketua komite melalui video conference berpesan agar pada saat kelulusan siswa tidak melakukan konvoi, arak-arakan, corat-coret dan sejenisnya, serta memita kepada seluruh orang tua untuk terus membimbing dan mengarahkan putra-putrinya untuk meraih impian dan harapannya , karena sejatinya medidik adalah tugas orang tua di rumah.

suasana wisuda

Selama kegiatan berlangsung, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tetap diperhatikan. Prosesi wisuda diakhiri dengan pengumuman kelulusan secara online dan siswa mengecek kelulusan melalui website sekolah.  Pada wisuda-wisuda sebelumnya, wali kelas menyerahkan berkas surat keterangan kelulusan dan nilai transkrip secara langsung kepada siswa.  Namun, pada wisuda online SMK Negeri 1 Bawang, wali kelas menyerahkan Token Kode Akses kepada masing-masing siswa melalui pesan singkat. Selanjutnya Token Kode Akses ini digunakan oleh siswa untuk membuka pengumuman kelulusan online di rumah masing-masing melalui aplikasi e-SKL. Setelah berhasil login siswa dapat melihat penguman kelulusan serta mengunduh transkrip nilai.

Maryanto, S.Kom. selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum menyampaikan bahwa tujuan transkrip disampaikan secara online agar siswa dapat mecetak secara mandiri, menggunakan printer berwana dengan kertas ukuran F4. Siswa tidak perlu melakukan legalisir bila akan digunakan untuk melamar pekerjaan atau mendaftar perguruan tinggi karena di surat keterangan dan transkrip tersebut telah bertandatangan digital berupa barcode yang bisa dicek validasinya oleh pihak-pihak yang membutuhkan sehingga siswa yang membutuhkan transkrip tidak perlu datang ke SMK Negeri 1 bawang.

Hal yang sama dikemukakan Kepala Sekolah Widiastuti, tujuan transkrip nilai dibagikan secara online untuk memberikan pelayanan prima kepada siswa masa pandemi Covid-19 ini, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.  “Siswa yang mau melamar pekerjaan maupun melanjutkan studi ke perguruan tinggi tidak terhambat.  Sedangkan transkip nilai yang asli akan menyusul diberikan kemudian bila situasi sudah memungkinkan,” jelas Widiastuti.

(humas smkn 1 bawang)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close