Ragam

6 Kemampuan Tommy Jonathan Sinaga di Internet

Beritanasional.id – Ahli membuat masalah, memberikan sugesti mengenai konspirasi tingkat tinggi, mengumpat dan pura-pura menjadi jenius. Itulah sekilas “perkenalan” Tommy Jonathan Sinaga dalam facebooknya. Ia mengaku suka melihat orang-orang dari jauh dan kadang suka mengejek kecerdasan mereka. Meski terkenal sebagai seorang hacker, namun Tommy jarang menyebut dirinya sebagai hacker.

Dari awalnya iseng, Tommy mulai serius belajar ilmu komputer dan tertarik dengan bidang keamanan informasi komputer. Tommy awalnya belajar dengan cara bergabung ke komunitas chatting yang tepat. Tommy yang awalnya mengira fasilitas chatting hanya untuk mencari pasangan, mulai terinspirasi untuk menyelami bidang hacking. Motivasinya akhirnya membawanya melangkahkan kaki di dunia sekuritas teknologi informasi pada tahun 2014. Semenjak saat itu, Tommy mulai terdorong mengadakan penelitian sendirian selama 2 tahun. Ia mulai aktif dalam pengembangan OS (Operating System/ Sistem Operasi) komputer, seperti openBSD dan FreeBSD. Ia juga menyempatkan waktu mengembangkan aplikasi untuk keamanan informasi komputer.

Berikut 6 Kemampuan Tommy Jonathan Sinaga di Internet

1. Mampu Meretas Akun Facebook

Pada tahun 2014 yang lalu Tommy berkolaborasi dengan salah satu penulis, komposer dan gamers, yakni Frengky Ardian Batubara dalam melakukan sebuah aksi yang bertujuan niat baik yang disebut “White Hat Hackers” diunggah dibulan desember 2014. Aksi yang mereka lakukan adalah meretas akun facebook palsu sebanyak 1.425 yang menyebarkan hoax pada tahun 2014 lalu ketika pada pemilihan presiden Indonesia Joko Widodo. Hal ini mereka lakukan agar tidak terjadi kontroversi dimediasosial khusunya facebook.

2. Mampu Meretas Akun Yahoo

Dikutip dari berbagai sumber, ia juga pernah meretas akun yahoo sebanyak 1.425 akun indonesia yang terhubung dengan akun facebook palsu sedangkan akun yahoo negara asing sebanyak 105 akun, hal ini ia dengan sengaja meretas akun luar untuk mendapatkan sebuah game level tinggi yang terhubung dengan facebook milik negara asing. Jika di totalkan keseluruhan akun yang ia retas sebanyak 1.530 pada 2014 yang lalu.

3. Memiliki Kemampuan untuk Mendapatkan Informasi Seseorang di Internet dengan Hanya Melalui Gambar atau Nama Saja.

Tommy juga kabarnya pernah melacak sebuah akun wanita yang ia sukai pada saat nongkrong disebuah cafe bersama temannya, dalam hal itu Tommy tidak tahu nama wanita tersebut, kemudian ia memfoto wanita itu lalu melacaknya dan mengabari kepada teman-temannya bahwa ia berhasil mendapatkan data wanita tersebut.

4. Mampu Menemukan Celah Keamanan Pembayaran Game

Tommy bersama sahabatnya yakni Frengky Ardian Batubara menemukan sebuah bug dan celah kelemahan pada sistem pembayaran facebook pada 2012 silam bersama dalam pemberitaan tersebut game sejenis billiard “Pool Live Tour” adalah aplikasi pertama yang mereka lumpuhkan dan membuat pemilik aplikasi tersebut “Geewa” mengalami kerugian sebesar 50 Juta dalam pembelian item-item yang dibeli dengan uang nyata.

5. Memiliki Kemampuan Psikologi Yang Bagus

Tommy dikenal oleh teman-temannya yang memiliki kemampuan pskologi yang sangat bagus, hal ini diketahui karena ia pernah menerima sebuah pesan dari sebuah perusahaan untuk bekerja sama dengannya. Ketika pertemuan diadakan pada 2017 yang lalu disebuah cafe, tanpa berpikir panjang Tommy memutuskan untuk tidak bisa bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Alasan ini diketahui teman-temannya setelah pembicaraan selesai. Tommy mengatakan bahwa perusahaan tersebut akan berbuat curang di kemudian hari. Ketika Tommy menilai beberapa kata yang dilontarkan dan gerak-gerik pemilik perusahaan tersebut.

6. Penulis Motivasi dan Inspirasi
Semenjak hubungannya berakhir pada tahun 2016  bersama kekasihnya Natalina Windasari Hutahaean, Tommy  menulis sebuah Quotes Motivasi lewat sosial media fecebook dan beberapa Novel yang dikutip dari kisah hubungannya bersama Natalina. Saat ini Tommy sangat aktif menulis sebuah nasihat berbahasa Batak di akun facebook resmi miliknya.

Postingan nasihat bahasa batak di halaman facebook Tommy Jonathan Sinaga (Screenshot)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button