Ragam

7 Langkah Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

BeritaNasional.ID — Setiap orang pastinya menginginkan hidup sehat. Sayangnya, banyak juga yang hanya ingin tapi tidak mau berusaha. Padahal, menerapkan pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari bisa memberikan hidup terasa lebih maksimal. Kegiatan yang dilakukan pada setiap harinya pun akan terasa lebih menyenangkan dan positif.

Selain itu ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan. Manfaat hidup sehat adalah terbebas dari segala macam penyakit, mempunyai banyak energi positif, meningkatkan produktivitas, sampai menjaga berat badan. Tidak hanya itu saja kesehatan mental akan lebih terjaga saat Anda melakukan rutinitas hidup sehat.

Inilah Contoh Pola Hidup Sehat

Cara agar bisa mendapatkan tubuh yang sehat tentunya harus dengan melakukan berbagai cara. Sayangnya, masih banyak yang mengabaikan bahkan tidak mau berusaha untuk bisa membuat tubuh menjadi sehat. Padahal saat tubuh dalam keadaan sehat, aktivitas pun akan terasa lebih nyaman. Jika Anda ingin mencoba hidup dengan sehat, berikut beberapa contohnya.

1.      Melakukan Olahraga untuk Hidup Sehat

Salah satu tips yang wajib Anda coba untuk hidup optimal adalah melakukan olahraga secara rutin. Siapa yang masih malas untuk melakukan olahraga? Padahal, olahraga bisa membuat tubuh menjadi lentur dan lebih mudah saat diajak beraktivitas. Selain itu, olahraga bisa membuat racun keluar dari dalam tubuh melalui keringat, lho.

Bahkan, melakukan olahraga bisa membantu mencegah penuaan dini dan membantu mengelola stres. Nah, bagi Anda yang mudah terkena stres cobalah untuk melakukan olahraga secara rutin. Tidak perlu olahraga yang berat, olahraga yang ringan saja bisa dilakukan. Misalnya dengan senam, jalan santai, jogging, lompat tali, sepeda, atau berlari.

Dengan rutin melakukan aktivitas olahraga, tubuh pun akan menerima energi yang positif. Beberapa penyakit pun bisa Anda hindari, seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Lakukan olahraga minimal 5 kali dalam seminggu dengan sekitar 30 menit.

2.      Menjaga Asupan Makanan

Contoh pola hidup sehat yang bisa diterapkan adalah dengan menjaga asupan makanan. Dari makanan yang dikonsumsi itulah beberapa penyakit bisa muncul. Contohnya makanan olahan, makanan cepat saji, gorengan, dan lain sebagainya. Meski memang makanan cepat saji dan gorengan sangat lezat untuk dinikmati, tapi tidak bagus untuk tubuh.

Oleh karena itu, jaga asupan makanan agar terbebas dari sejumlah penyakit. Perbanyaklah mengkonsumsi protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Anda juga bisa membatasi sejumlah makanan yang mengandung banyak gula dan garam. Selain itu, hindari untuk mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok, ya.

3.      Banyak Minum Air Putih

Salah satu poin penting yang bisa membuat tubuh menjadi sehat adalah air putih. Namun, masih sedikit orang yang menerapkan untuk minum air putih sesuai dengan yang dianjurkan. Padahal, memperbanyak minum air putih bisa memberikan sejumlah manfaat pada tubuh. Tidak hanya pada tubuh tapi juga berpengaruh terhadap kecantikan, lho. Minumlah air putih 8 gelas setiap hari untuk mendapat manfaatnya.

4.      Membiasakan Hidup Bersih

Salah satu cara untuk hidup secara sehat adalah membiasakan hidup bersih. Selain bisa membuat tubuh terhindar dari penyakit, cara ini juga bisa meningkatkan suasana hati. Membiasakan hidup bersih bisa dilakukan dari hal kecil, seperti rajin mengganti sprei, rajin mencuci tangan, sampai membersihkan kamar.

5.      Istirahat yang Cukup

Banyak orang yang sudah tahu jika salah satu budaya hidup sehat adalah dengan istirahat yang cukup. Namun, banyak pula yang mengabaikan hal tersebut dengan sering begadang. Entah karena tidak bisa tidur atau masih ada aktivitas lainnya yang harus dikerjakan. Padahal memenuhi kebutuhan istirahat secara cukup menjadi kebutuhan yang paling mendasar.

6.      Mencuci Wajah dan Mandi

Siapa sangka mencuci wajah dan mandi menjadi salah satu kebiasaan hidup secara sehat yang bisa diterapkan dengan mudah. Melakukan aktivitas mencuci wajah secara rutin di malam hari bisa membuat tubuh lebih sehat, lho. Selain itu, aktivitas tersebut juga bisa memaksimalkan proses peremajaan kulit secara natural.

Tidak hanya itu saja, dengan melakukan aktivitas menyisir rambut sebelum tidur bisa membantu mencegah rambut kusut. Tentunya Anda tidak akan merasa kesal saat bangun pagi hari dan saat mandi karena rambut yang kusut.

7.     Hindari Meletakkan Ponsel di Atas Kepala

Salah satu kebiasaan yang sering kali dilupakan oleh banyak orang adalah penempatan ponsel saat akan tidur. Pastinya banyak yang akan menaruh ponselnya di dekat tempat tidur, bukan? Tahukah Anda jika meletakkan ponsel dekat dengan tubuh saat tidur bisa menyebabkan radiasi?

Oleh karena itu, pastikan untuk meletakkan ponsel jauh dari kepala atau bagian tubuh lainnya, ya.  Dengan begitu, aktivitas tidur pun akan terasa sangat nyaman dan berkualitas. Jika Anda baru saja membeli ponsel Redmi 9C, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang benar, ya.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan ponsel terbaru dari Xiaomi, bisa mencoba membuka marketplace Blibli. Kenapa harus di sana? Karena Blibli merupakan salah satu marketplace online terbaik yang menjual produk elektronik, salah satunya adalah smartphone. Jadi, Anda bisa melihat harga dan spesifikasinya di marketplace Blibli.

Keunggulan dari marketplace tersebut adalah menghadirkan banyak produk elektronik lainnya. Bahkan, ada kategori produk lainnya yang bisa ditemukan dengan mudah. Belum lagi ada gratis ongkos kirim sehingga memudahkan konsumen untuk belanja produk dalam jarak jauh.

Dengan menerapkan beberapa gaya hidup sehat di atas, pastinya hidup Anda akan terasa lebih optimal, bukan? Lakukan contoh tersebut secara rutin, ya. Lihat sendiri hasilnya dibandingkan dengan tidak melakukan pola hidup yang sehat. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button