NasionalRagam

Sambangi Kampung Batik, Pengrajin Batik di Bantul Deklarasikan Cak Imin Capres 2024

BeritaNasional.ID, JAKARTA – Kedatangan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Desa Giriloyo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY disambut meriah oleh paguyuban pengrajin batik di Bantul pada minggu 23/01/22. Kemarin.

Bahkan di depan Muhaimin Iskandar atau kerap disapa dengan Cak Imin itu, para perempuan perajin batik tradisional mendeklarasikan diri mendukung Cak Imin untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Salah seorang inisiator deklarasi yaitu Maslihatun Humaidah mengatakan, salah satu pertimbangan para perempuan pengrajin Batik memilih sosok Ketua Umum PKB itu tak lepas dari kiprah politik Cak Imin selama ini.

“Cak Imin kami anggap sebagai sosok tokoh yang mempunyai citra yang baik dan orang yang mumpuni dalam karir politiknya, Di mata kami (masyarakat) beliau itu citranya bagus. Sejak awal terjun di organisasi (politik) reputasinya juga bagus. Kami menilai beliau bagus orangnya,” kata Maslihatun.

Selain deklarasi, para perempuan perajin batik juga memberikan sebuah kain batik bertuliskan ”Gus Muhaimin Iskandar Presiden RI 2024”.

“Kita perajin batik juga ingin menyalurkan aspirasi. Harapan kami dari mendukung beliau, aspirasi masyarakat di Kampung Batik Giriloyo bisa tersampaikan. Kesejahteraan bisa mengalir juga di kampung kita ini,” tutyr Maslihatun.

Sementara itu Cak Imin mengapresiasi dukungan – dukungan masyarakat kepada dirinya untuk maju sebagai Presiden RI. Cak Imin tersebut.

“Saya itu kalau mendapatkan amanat dari kelompok yang lebih spesifik ini lebih mudah. Lebih mudah dalam berarti ya ini menjadi misi kita. Misi dari pemerintahan untuk mewujudkan pemberdayaan ekonomi kreatif khususnya pembatik,” Singkat Cak Imin.

Cak imin juga menbahkan, rata – rata para pelaku UMKM mengeluhkan kondisi usaha mereka yang saat ini rata-rata lesu akibat pandemi Covid-19 yang sudah dua tahun menghantam Indonesia.

“Saya dan kita semua tidak boleh patah arang, harus tetap bersemangat, Pemerintah Daerah, Provinsi, dan Pusat harus mrmbantu dan memfasilitasi industri kecil untuk bisa bangkit dan tumbuh kembali setelah masa-masa sulit. saya juga mengajak seluruh jajaran PKB di seluruh Indonesia untuk bersama-sama bergerak membantu membangkitkan UMKM,” pungkas Cak Imin.

Sehari sebelumnya dukungan juga datang dari para pelaku UMKM di sentra Industri Tas dan Koper (Intako), Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. karena menilai Muhaimin Iskandar sebagai sosok yang mampu memperjuangkan nasib mereka, di tengah kondisi sulit akibat pandemi COVID-19.

“Selamat datang Gus Muhaimin, calon presiden 2024. Kami mendukung sepenuhnya Gus Muhaimin bisa menjadi Presiden Indonesia,” ucap H Sumiran, Bendahara Umum koperasi Industri Tas dan Koper (Intako) se-Sidoarjo.

Mewakili seluruh anggota Intako yang Hadir menyambut kedatangan Cak Imin, Sumiran mengatakan bahwa kondisi pandemi sangat memukul penjualan mereka.

”Koperasi Intako ini memfasilitasi jasa penjualan, semua hasil produk anggota dipasarkan di koperasi ini. Tapi banyak yang kosong karena banyak anggota yang tidak bisa mengirimkan barang karena tidak bisa berbelanja. Untuk kebutuhan rumah tangga, sekolah anaknya, mereka tidak bisa produksi lagi, kami berharap campur tangan pemerintah dalam membangkitkan kembali UMKM di Sidoarjo,” harapnya.

Sebagai simbol dukungan, perajin menyematkan jaket kulit berwarna hijau kepada Gus Muhaimin. Jaket berlogo PKB itu adalah produk asli perajin Tanggulangin.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button