Daerah

8 Desa di Magetan Sudah Salurkan BLT Dana Desa

BeritaMagetan. ID, Magetan – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) mulai disalurkan di wilayah Kabupaten Magetan. Sebanyak 8 desa di Kabupaten Magetan sudah bisa menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahun 2020 kepada warganya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Magetan, Eko Muryanto mengatakan, pada Minggu pertama di bulan Mei ini beberapa desa telah melakukan musyawarah Desa khusus (Musdus) dan menyalurkan BLT kepada warganya.

“Minggu ini untuk DD desa yang mencukupi di buat BLT untuk alokasi bulan April, baru 8 Desa” ungkapnya, Senin (11/5/2020).

Adapun Desa yang telah melakukan penyaluran BLT DD di Magetan :

Desa Poncol (80 KK), Desa Sombo (17 KK), Desa Plangkrongan (90 KK), Desa Cileng (61 KK), Desa Genilangit (44 KK), Desa Gonggang (145 KK), Desa Janggan (10 KK). Dan di Kecamatan Lembeyan ada Desa Kedung Panji (30 KK).

BLT senilai Rp.600 Ribu telah disalurkan sesuai kondisi masing-masing desa kepada keluarga miskin di desa yang terdampak pandemi Covid-19.

Untuk persentase penggunaan DD untuk BLT Corona tergantung besaran anggaran Dana Desa masing-masing Desa. Bagi Desa yang alokasi dana desanya Rp 800 juta pertahun, maka 25 persen harus digunakan untuk BLT.

Untuk Desa yang anggaran Dana desanya Rp 800 juta-Rp 1,2 miliar maka 30 persen DD nya untuk BLT, dan yang Dana Desanya diatas Rp 1,2 miliar besaran alokasi untuk BLT dana Desa sebesar 35 persen.

Menurut Eko, desa yang lebih cepat mencairkan BLT merupakan desa yang belum banyak mengunakan DD tahap 1 untuk kegiatan pembangunan.”Karena sebagian sudah digunakan untuk pembangunan sebelum ada perintah untuk BLT,” ujar Eko

Meski demikian lanjut Eko,  desa yang belum menyalurkan BLT akan tetap dicairkan pada DD tahap 2,”Yang tidak mencukupi nanti pakai BLT tahap 2,” pungkasnya

Sekitar Rp 46,5 Milyar dana desa tersalur kepada keluarga miskin di desa, yang terdampak pandemi Covid-19. Para penerima ini merupakan keluarga miskin yang selama ini belum mendapat bantuan dari skema jaminan kesejahteraan sosial lainnya.

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close