DaerahJawa TimurSitubondo

Ibu – Ibu Dilatih Mengolah Daging Dan Ikan Laut di BLK Situbondo

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JAWA TIMUR – Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Situbondo mengadakan kegiatan usaha mikro dengan orientasi peningkatan skala usaha menjadi usaha kecil melalui pelatihan olah daging dan ikan laut, Senin (11/10/2021)

Kegiatan yang bertempat di aula Balai Latihan Kerja ( BLK) Jl. Basuki Rahmat No.357 Situbondo tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi beserta jajarannya, Kepala BLK, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Situbondo, serta 25 peserta pelatihan.

Menurut Etik Nur Kristiani, selaku narasumber mengatakan bahwa, pelatihan hari ini lebih kepada pengolahan ikan dan daging. Pesertanya ada 25 orang yang semuanya dekat area pantai karena untuk bahan bakunya melimpah,” ucapnya.

Pelatihan ini selama dua hari lanjut Etik, dari 25 peserta kita bagi 3 kelompok yaitu, masing – masing kelompok ada 8 peserta dan ada juga yang 9 peserta.

“Untuk hari ini ada tiga menu yaitu, kaki naga, piter balend sama burger dan untuk besok juga ada tiga menu yaitu, stik ikan, telur gabus ikan kemudian sus ikan. Kenapa pelatihan ini di Frozen, karena marketnya luar bisa serta untuk konsumen pun luar biasa diminati. Kami berharap nantinya peserta dapat memproduksi ini hingga bisa menambah inkam keluarga,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Situbondo Nugroho juga mengatakan bahwa, kegiatan pelatihan hari ini adalah pengolahan daging dan ikan laut karena di Situbondo ikan laut nya luar biasa banyak. Namun, ibu – ibu kemungkinan merasa bingung mengolahnya.

“Ikan laut di Situbondo ini banyak karena kita dekat dengan pantai, tetapi ibu – ibu mungkin bingung mau dimasak gimana ?. Untuk itu, kita mengadakan pelatihan ini. Kegiatan pelatihan ini adalah Polah pikir dari Heru Sugihartono selaku Wakil Ketua DPRD Situbondo yang dimana kita tindak lanjuti dengan pelatihan ini. Harapan kita nantinya ibu – ibu bisa menambah ilmunya dalam hal mengolah daging dan ikan laut. Nanti kedepannya, ikan laut mau dimasak apa aja ibu – ibu sudah bisa mengolahnya,” kata Kadiskop Nugroho.

Wakil Ketua DPRD Situbondo Heru Sugihartono juga menambahkan, kegiatan ini adalah pelatihan pengolahan daging dan ikan laut yang kita arahkan pada kaum perempuan.

“Dimasa pandemi covid- 19 sekarang ini kemungkinan ada perempuan yang suaminya meninggal, atau ada pula keterpurukan ekonomi. Jadi, dengan adanya pelatihan ini nantinya, para perempuan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya dengan mengembangkan ilmu masakan yang didapat dari pelatihan ini,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button