Aceh

Persiapkan Hadapi Dunia Kerja, HIMASTROIS Gelar Pelatihan Soft Skill & Hard Skill  

beritanasional.id l Lhokseumawe – Himpunan Mahasiswa Jurusan Astronomi Islam IAIN Lhokseumawe menggelar kegiatan pelatihan “Penguatan Soft Skill dan Hard Skill Mahasiswa Jurusan Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe” via Luring dan Daring yang bertempat di Aula fakultas Syari’ah IAIN Lhokseumawe pada kamis-jumat 11-12 November 2021.

Kegiatan yang diikuti oleh para mahasiswa Ilmu Falak ini berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 11 dan 12 November 2021 dengan menghadirkan dua orang pemateri pada hari pertama yaitu Siswanto ST., M.Si kepala BMKG Malikussaleh Aceh Utara (Luring) dan Dr. H. Ahmad Izzuddin M.Ag Ketua Asosiasi Dosen Falak Indonesia serta wakil dekan III fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Walisongo Semarang (Daring) serta menghadirkan satu orang pemateri pada hari kedua yakni Tgk. Ismail, S. Sy., MA yang merupakan dosen sekaligus pendiri jurusan Ilmu Falak fakultas Syari’ah IAIN Lhokseumawe.

Ketua panitia acara Muhammad  Al-Hafiz menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan pelatihan ini ialah untuk menambah wawasan dan ilmu mengenai Ilmu Falak khususnya mengukur arah kiblat, gerhana, penanggalan serta menentukan jadwal waktu shalat sepanjang masa.

Adapun Ketua HMJ Astronomi Islam Taufiq Hidayat Panjaitan berharap semoga HMJ Astronomi Islam kedepannya dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan Astronomi dan Ilmu Falak dengan peserta yang lebih ramai dan acara dengan skala tingkat Nasional dan Internasional di masa yang akan datang.

Kafrawi, M.A selaku wadek III fakultas syari’ah IAIN Lhokseumawe mengungkapkan bahwasannya : “Mahasiswa harus progresif dan aktif dalam mencapai ilmu pengetahuan, tidak hanya aktif mengikuti namun aktif dalam menciptakan kegiatan.” Ungkapnya.

“Ilmu falak merupakan jurusan langka yang sangat dibutuhkan di masa yang akan datang dan kegiatan ini merupakan kesempatan dan waktu bagi kita untuk belajar sehingga dapat bermanfaat bagi masa depan.” Ujar Muhammad Syahrial Razali Ibrahim, P.hd  selaku dekan fakultas syari’ah IAIN Lhokseumawe.

Acara tersebut diisi oleh beberapa pemateri yaitu; Kepala BMKG Malikussaleh Aceh Utara Siswanto ST., M.Si selaku pemateri I menyampaikan mengenai pentingnya soft skill dalam dunia kerja. Selanjutnya pemateri II Dr. H. Ahmad Izzuddin M.Ag wakil dekan fakultas syari’ah dan hukum UIN Walisongo Semarang sekaligus ketua umum Asosiasi Dosen Falak Indonesia, menyampaikan mengenai hard skill tentang hisab rukyat di Indonesia. Sedangkan pemateri III Tgk. Ismail, S.Sy., MA dosen prodi ilmu falak IAIN Lhokseumawe menjelaskan mengenai ruang lingkup dan prospek kerja ilmu falak kedepannya.(Rizki M)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button