SUMUTTanjung balai

Rakor TPAKD, Dibuka Pj Sekdakot Kota Tanjungbalai

BeritaNasional.ID-TANJUNGBALAI SUMUT Pj Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai, Nurmalini Marpaung membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Tanjungbalai sesuai dengan arah rancangan program kerja TPKAD Kota Tanjungbalai di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Rabu yang lalu.

Dalam sambutannya, Pj Sekdakot Tanjungbalai Nurmalini Marpaung menyampaikan rakor TPAKD Kota Tanjungbalai merupakan forum kordinasi antar instansi dan stakeholder terkait percepatan akses keuangan didaerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Keberadaan TPAKD Kota Tanjungbalai sangat penting dalam rangka meningkatkan akses masyarakat ke perbankan melakukan usaha, meningkatkan kapasitas usaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun tujuan dari terbentuknya tim percepatan akses Keuangan daerah ini tidak lain adalah untuk mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif.

Saat ini ada beberapa rencana program kerja TPAKD Kota Tanjungbalai diantaranya, fasilitas UMKM go Marketplace, fasilitas UMKM go Cashless, kredit/pembiayaan melawan rentenir (KPMR), pemberdayaan UMKM Wanita – Mekar, ekosistem KUR klaster, Asuransi nelayan, satu rekening satu pelajar, Hari Indonesia Menabung dan bulan inklusi keuangan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjalankan semua program itu adalah mencari terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di daerah.

Pjs Sekdakot juga berharap kepada TPAKD terutama para lembaga jasa keuangan yang berada di Kota Tanjungbalai agar bekerjasama dengan Pemkot Tanjungbalai untuk realisasi program TPAKD, sehingga perekonomian di Kota Tanjungbalai cepat bangkit dan pemulihan ekonomi kembali membaik.

Salah satu peluang di Kota Tanjungbalai yakni dari potensi pelabuhan teluk Nibung yang akan dibuka kembali usai pandemi. terkait asuransi nelayan saat ini telah mendapatkan fasilitas asuransi ada 352  nelayan yang merupakan bantuan Propinsi Sumut, Pungkas Nurmalini Marpaung menyampaikan.(As18)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button