DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Akibat Cuaca Buruk, Dua KMP di Pelabuhan Jangkar Situbondo Gagal Berangkat

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Akibat cuaca buruk, sejumlah penumpang Kapal di Pelabuhan Jangkar, Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo yang akan berlayar ke Pulau Raas dan Kangean Madura, gagal berangkat, Jumat (8/7/2022).

Keterangan yang disampaikan Sucipto warga Pulau Raas, mengatakan, begitu sampai di Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo, dirinya terkejut mendengar kabar pemberangkatannya kapal yang menuju Pulau Raas dan Kangean, Madura di tunda, karena cuaca buruk. “Mau bagaimana lagi, kalau sudah cuacanya yang buruk. Ya harus nunggu sampek cuaca benar-benar membaik,” ujar Sucipto.

Sementara itu, Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Wilayah Kerja Jangkar, Tri Cahyono mengatakan bahwa, terpaksa menunda pemberangkatan kapal yang akan menyeberang ke Madura. Sebab, cuaca di sekitar perairan Raas dan Kangean, di perkirakan gelombang kurang lebih 1,5 sampai 2 meter. Itu menurut penjelasan dari BPBD Jangkar.

“Dari pada ada persoalan yang tidak di inginkan, lebih baik kita tunda saja pemberangkatan kapalnya. Sebab, akan resikonya tinggi bagi penumpang maupun ABK Kapal,” ujar Cahyono, melalalui telephon selulernya.

Menurut Tri Cahyono, penumpang yang kadung sampai di Pelabuhan Jangkar, ada sekitar 50 orang. Itupun data yang masuk sejak pagi hingga siang hari. Besar kemungkinan masih banyak yang kembali begitu mendengar informasi gagalnya pelayaran. “Sebagian penumpang, mungkin sudah dapat informasi dari penumpang yang pertama kali sampai ke Pelabuhan Jangkar sehingga mereka tidak lewat jalur laut. Jadi, yang ada di area Pelabuhan Jangkar, penumpangnya hanya sedikit,” tuturnya.

Lebih lanjut, Tri Cahyono menjelaskan bahwa, penumpang yang gagal berangkat tersebut, banyak yang sudah mencari tempat penginapan masing-masing. Yang tersisah di pelabuhan Jangkar hanya kendaraan sepeda motor dan mobil saja.

“Sebenarnya, kapal sudah siap berlayar dan sandari di Pelabuhan Jangkar. Ada dua kapal, KMP Munggiyango Hulalo tujuan Kangean dan KMP Darma Kartika tujuan Pulau Raas. Pihak KSOP Wilayah Kerja Jangkar sudah mengingatkan kepada penumpang. Jika, ada perubahan cuaca, atau ada kapal yang bermasalah pasti dilakukan penundaan keberangkatan,” pungkas Tri Cahyono.

Publisher         : Heru Hartanto

Pewarta           : As’ad zuhaidi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button