Bone BolangoGorontaloRagam

Cegah Warganya Bunuh Diri, Pemda Bone Bolango Libatkan Seluruh Pihak

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Beberapa bulan terakhir ini, perilaku bunuh diri menjadi fenomena yang sangat mengegerkan warga di Provinsi Gorontalo. Beberapa diantara pelaku bunuh diri itu merupakan warga Kabupaten Bone Bolango.

Menyikapi fenomena yang terjadi secara berulang tersebut, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli segera mengambil langkah konkret dengan menggelar rapat bersama pihak terkait diantaranya, Kepolisian, TNI, tokoh agama, hingga psikolog yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wabup, Selasa (11/7).

Menurut Merlan, publik saat ini menunggu kebijakan apa yang akan diambil oleh Pemerintah Daerah untuk menekan angka bunuh diri.

Sehingga, kata Srikandi Bone Bolango itu, fenomena bunuh diri yang terjadi dengan pelakunya dari anak usia sekolah hingga orang dewasa ini adalah hal yang tidak bisa didiamkan.

“Oleh karena itu saya mengambil inisiatif untuk mengadakan rapat bersama ini. Kita ingin punya suatu langkah bagaimana menekan fenomena ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Bone Bolango, AKBP Muhammad Alli dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa berdasarkan pemeriksaan dari Reserse Kriminal, fenomena bunuh diri sering terjadi karena faktor ekonomi, keluarga, asmara, hingga persoalan pinjaman online.

Dalam rapat tersebut seluruh pihak telah bersepakat untuk saling bekerja sama agar fenomena bunuh diri yang terjadi di Bone Bolango dalam beberapa waktu terakhir tidak akan lagi terjadi dilingkungan masyarakat. Sejumlah langkah strategis pun disepakati akan dilakukan untuk mencegah terjadinya tindakan bunuh diri oleh warga di Kabupaten Bone Bolango. Diantaranya dengan melakukan sosialisasi, pendekatan dengan metode ceramah agama, memberdayakan organisasi agama dan kemasyarakatan, hingga screening disetiap desa. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button