BondowosoDaerahJawa Timur

Semalam Terjadi Kebakaran Di Dua Lokasi, Lahan Perhutani Di Kawah Wurung Terbakar Lagi

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Musim Kemarau yang berkepanjangan, bukan hanya menimbulkan musibah kekeringan, tapi juga rentan terjadi kebakaran. Terbukti, dalam semalam, Satpol PP, Damkar dan Penyelamatan, mendapatkan dua laporan kebakaran di tempat berbeda. Sementara jumlah armada dan petugasnya sangat terbatas.

Apalagi kebakaran yang dilaporkan saat ini waktunya hampir bersamaan dan jaraknya sangat jauh. Laporan pertama, kebakaran terjadi pada Minggu, 3 September 2023 jam 18.30 WIB di Kelurahan Sekar Putih Kecamatan Tegal Ampel, kemudian selang 1 jam 17 menit, tepatnya jam 19.47 WIB, hutan di kawasan Kawah Wurung terbakar lagi.

Kepala Satpol PP, Damkar dan Penyelamatan, Slamet Yantoko, S.Sos, MM membenarkan terjadinya kebakaran di dua lokasi yang waktunya hampir bersamaan dan jaraknya sangat jauh.

“Benar ada laporan terjadinya kebakaran di dua lokasi berbeda. Kalau lokasi yang pertama masih di seputar kota, Kelurahan Sekar Putih. Tapi lokasi kebakaran yang kedua ini, sangat jauh. Kawah Wurung, yang jaraknya hampir 100km dari kota,” kata Slamet, sapaannya pada Berita Nasional.ID, Senin, 4/9 2023 pagi.

Namun, lanjutnya, karena sudah menjadi tanggung jawab Satpol PP, Damkar dan Penyelamatan, segala keterbatasan dan jarak yang jauh serta cuaca yang sangat dingin atau ektrem, tidak membuat pasukan Damkar patah semangat.

Ditambahkan, setelah mendapat laporan kebakaran, petugas Damkar langsung menuju lokasi pertama, Kelurahan Sekar Putih. Alhamdulillah dalam waktu 30 menit, api yang melalap pohon bambu milik Febri warna RT 32 Kuburan Cina berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Dan hanya membutuhkan satu armada, Water Supply).

Sepulang dari Kelurahan Sekar Putih, tidak berselang lama, Tim Damkar mendapat laporan lagi. Bahwa terjadi kebakaran hutan lagi di Kawasan Kawah Wurung. Walau penat masih terasa, pasukan Damkar harus bergerak lagi dengan medan dan cuaca dingin yang super ektrem.

“Pada hari Minggu, 3 september 2023 jam 19.47 WIB, Damkar menerima laporan dari Karhutla dan Camat Ijen, telah terjadi kebakaran di Petak 91D Kecamatan Ijen. Damkar bekerja sama dengan BPBD memadamkan api. Armada yang Carsentro. Tidak ada korban jiwa. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Luas lahan yang terbakar sekitar 6ha. Lahan yang terbakar milik Perhutani,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button