BondowosoDaerahJawa Timur

Hutan Pinus Terbakar Di  Congkrong Bondowoso

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Petugas Damkar Kabupaten Bondowoso tidak mengalami kesulitan saat berupaya memadamkan api yang membakar hutan pinus di Dusun Congkrong Timur, Desa Taman, Kecamatan Grujugan.

Selain karena luas lahan yang terbakar tidak terlalu banyak, akses menuju lokasi juga mudah diakses. “Mobil Damkar dengan mudah bisa ke lokasi. Petugas dan warga memadamkan api menggunakan alat manual,” kata Komandan Regu Damkar Bondowoso Martanto, Rabu (13/9/2023).

Martanto mengatakan, hutan pinus yang terbakar berada di wilayah Dusun Dusun Congkrong Timur Desa Taman Kecamatan Grujugan. “Lahan hutan pinus yang terbakar tidak luas. Penyebabnya diduga karena pedangang sapi membuang jerami dipinggir jalan dan dibakar sehingga merambat ke lahan pinus tersebut,” jelasnya.

Dia mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran di sekitar lahan karena berpotensi menyebabkan kebakaran. Apalagi saat ini musim kemarau panjang sehingga lahan menjadi kering dan mudah terbakar.

Diperkirakan, lanjutnya,  awal kejadian kebakaran jam 13.30 WIB. Laporan masuk ke Mako Damkar jam 14.30 WIB. Dan 7 menit kemudian, petugas Damkar sampai dilokasi. Persisnya jam 14.37 WIB.

“Hutan pinus tersebut milik Perhutan dan yang melaporkan kebakaran petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dengan laporan tersebut Petugas Damkar mendatangi lokasi dan melakukan pendinginan,” jelasnya.

Tidak ada korban, lanjutnya, dalam kebakaran tersebut. Petugas memadamkan api menggunakan kendaraan Suply dan Dyna. Dalam memadamkan api, petugas Damkar dibantu dan Polsek  Grujugan serta Mandor perhutani.

 

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button