BondowosoDaerahJawa Timur

Kasdim 0822 Bondowoso Ingatkan Bahaya PKI

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2023 merupakan sejarah yang harus selalu dikenang. Oleh karena itu Kodim 0822 Bondowoso menggelar upacara di Makodim Jl. Letnan Sutarman No. 06 Bondowoso, Minggu (1/10/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasdim Mayor Inf Tanuri, Komandan Upacara Kapten Inf Basuki Rahmad yang diikuti seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS jajaran Kodim 0822.

Pada Upacara dibacakan teks Pancasila, UUD tahun1945 dan Ikrar Kesaktian Pancasila. Kasdim 0822 mengajak seluruh peserta upacara terus mengenang dan memaknai sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965. Dimana rakyat Indonesia saat itu berjuang mempertahankan Idiologi Pancasila dari rongrongan dengan menumpas keganasan dan kekejaman G30 S PKI (Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia). Pada peristiwa itu 7 pahlawan Revolusi gugur.

“Sejarah ini penting untuk dikenang agar terus menggelora semangat mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Untuk mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, lanjutnya, semua elemen masyarakat menyadari betapa pentingnya Pancasila untuk dijadikan pedoman dan acuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena Pancasila sudah disepakati menjadi dasar negara oleh para pemimpin kita terdahulu.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button