AdvedtorialPolitik

Simbol Kesetaraan, Maskot Pilkada Provinsi Gorontalo kini Berubah jadi Hiu Paus Jantan dan Betina

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo akhirnya merubah maskot Pilkada Provinsi Gorontalo. Awalnya maskot yang hanya berupa seekor hiu paus jantan yang diberi nama Dago (Pilkada Gorontalo) ini, kini dirubah dengan menambahkan maskot hiu paus betina yang diberi nama Dangi (Damai Berintegritas).

Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem mengungkapkan bahwa penambahan maskot hiu paus betina ini diambil setelah melalui proses musyawarah sebagai respon masukan dan kritik dari masyarakat serta penggiat Pemilu dengan merevisi maskot Pilkada Provinsi Gorontalo 2024.

“Awalnya, maskot yang hanya terdiri dari satu hiu paus jantan kini ditambahkan dengan sosok hiu paus betina, sehingga mencerminkan simbol kesetaraan dan budaya yang lebih kaya,” jelas Fadliyanto Koem kepada wartawan saat kegiatan Media Gathering yang digelar di Shava Beach Kabila Bone, Senin (20/5/2024).

Baca juga: Ini Filosofi yang Terkandung Dibalik Maskot Pilkada Provinsi Gorontalo 2024

Seperti Ka Dago yang mengenakan pakaian adat pria, Si Dangi yang merupakan hiu paus betina ini pun dipakaikan baju adat wanita yang disebut wolimomo dan sunti.

“Ini kita sandingkan, ada hiu paus jantan dan betina yang memakai pakaian adat. Ini menjadi simbol budaya dan pariwisata di Gorontalo,” tandasnya.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button