Daerah

Spesial HUT RI,  PT KAI Daop 9 Gratiskan Biaya Tiket Masyarakat

Bentuk Penghormatan dan Penghargaan Kepada Para Pahlawan

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan RI, yakni Sabtu (17/8/19) besok, Perserian Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI) akan memberlakukan tarif Rp 0 alias gratis. Tarif Rp 0 ini berlaku bagi kereta api relasi lokal.

Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember Luqman Arif menyatakan, pemberlakuan tarif Rp 0 ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI. Program ini sekaligus untuk sosialisasi gerakan menggunakan transportasi masal dengan kereta api ketika bepergian maupun beraktivitas sehari-hari.

“Walaupun gratis, masyarakat yang akan naik kereta api lokal gratis tetap harus memiliki tiket. Masyarakat bisa mendapatkan tiket kereta api lokal secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go-show (hari H) mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api,” ujar Luqman, Jumat (16/8/19).

Masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket dengan tarif normal jauh-jauh hari sebelumnya, kata Luqman, bisa mengambil biaya pembelian tiket di stasiun kedatangan penumpang. Pengambilan biaya tiket ini bisa dilakukan maksimal tiga hari sejak kedatangan kereta api.

“KA lokal di Daop 9 Jember, ada KA Pandanwangi yang dalam sehari berjumlah 4 kali perjalanan, terdiri dari 2 kali berangkat dari Stasiun Jember pukul 05.15 dan 15.30 WIB dan berangkat dari Stasiun Banyuwangi baru pada pukul 10.00 dan 20.30 WIB,” paparnya.

Rangkaian KA Pandanwangi terdiri dari 6 gerbong kelas ekonomi dengan total berjumlah 636 tempat duduk. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, kereta api lokal kapasitas angkut adalah 150 persen dari jumlah tempat duduk. (red) 

Caption : Kereta Api Pandanwangi Daop 9 (ilustrasi) 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button