Jawa Tengah

Kemendag Berikan Bantuan Sarana Prasarana Prokes Pasar di Kota Tegal

BeritaNasional.ID, Tegal – Tiga Pasar yang ada di Kota Tegal mendapatkan bantuan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) berupa sarana prasarana pendukung protokol kesehatan.

Bantuan tersebut diserahkan dan didistribusikan langsung ke tiga pasar, yakni Pasar Pagi Kota Tegal, Pasar Kejambon dan Pasar Langon, Rabu (23/12/2020).

Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh perwakilan dari Kemendag yang menyerahkan bantuan serta menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan program Kemendag secara nasional, yang diberikan ke pasar-pasar tradisional di masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

“Untuk ketiga pasar tersebut, bantuan yang diberikan berupa, masker sejumlah 6.056 buah, penutup wajah sejumlah 3.028 buah, partisi plastik sejumlah 1.249 buah, wastafel portabel sejumlah 6 unit dan alat semprot disinfektan sejumlah 3 buah,” ujar Citra, perwakilan dari Kemendag RI.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkop UKM Perdag ) Kota Tegal, Joko Sukur Baharudin menyampaikan sasaran dari bantuan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan dari Kemendag tersebut adalah untuk para pedagang pasar dan para pengunjung pasar yang belum melaksanakan protokol kesehatan.

Dinas Koperasi, UKM dan Perdag akan menyerahkan bantuan tersebut ke masing-masing Kepala Pasar, dan nantinya Kepala Pasar dan Petugas Trantib Pasar yang akan mendistribusikan bantuan tersebut baik ke pedagang maupun para pengunjung pasar.

Dijelaskan Joko, di masa Pandemi Covid-19, pihaknya terus memberikan pengawasan terkait pelaksanaan protokol kesehatan yang sudah dilaksanakan secara rutin oleh pihaknya, selain pengawasan juga ada upaya edukasi kepada para pedagang melalui pengeras suara yang ada di pasar-pasar.

Harapan Joko, dengan adanya bantuan sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan, mudah-mudahan tingkat kedisiplinan masyarakat terhadap wabah Covid-19 semakin tinggi, sehingga berdampak kepada semakin menurunnya penderita yang terpapar Covid-19, dan Kota Tegal akan kembali ke zona hijau.*

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button