AsahanDaerah

Pemdes Hessa Perlompongan Kembali Raih Penghargaan Desa Bersinar Tahun 2021

BeritaNasional.ID, Kisaran – Pemerintah Desa Hessa Perlompongan, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan telah berupaya semaksimal mungkin melaksanakan kegiatan pencegahan untuk memberantas penyalahgunaan dan peredaran Narkoba guna mewujudkan wilayah Desa yang bersih dari Narkoba.

Kegiatan tersebut diantaranya dengan melakukan sosialisasi mengenai P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba) di seluruh wilayahnya mulai dari Dusun I Simpang Kawat yang merupakan pintu masuk menuju Kota Tanjung Balai dan berbatasan dengan Desa Air Genting dan Desa Sipaku Area, hingga ke Dusun IV yang berbatasan dengan Desa Air Teluk Hessa dan Danau Sijabut.

Kemudian Pemerintah Desa Hessa Perlompongan di bawah kepemimpinan Kepala Desa Franky Suwito Lubis ini juga terus menyebarkan propaganda melalui pemasangan berbagai spanduk tentang bahaya Narkoba di beberapa titik dan penempelan stiker “Stop Narkoba” di rumah – rumah warga, serta melakukan pembentukan Posko dan Relawan Desa yang bertugas melaksanakan kegiatan penyuluhan dan melakukan pencegahan secara langsung terjadinya penyalahgunaan Narkoba.

Semua itu dilakukan sebagai upaya untuk menanggulangi kerawanan dan kerentanan penyalahgunaan narkotika di wilayah Desa Hessa Perlompongan, ucap Franky memulai wawancara dengan Berita Nasional.ID di kantornya, Jum’at (02/07/2021) sekira pukul 09.30 Wib.

Sehingga pada bulan Agustus 2019 yang lalu Desa Hessa Perlompongan, Kecamatan Air Batu mendapat kesempatan menjadi perwakilan Kabupaten Asahan untuk mengikuti kegiatan pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) tingkat Provinsi Sumatera Utara di Kota Medan yang dibuka oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) pusat Komjen Pol. Drs. Heru Winarko SH ketika itu.

Pemerintah Desa Hessa Perlompongan menjadi salah satu dari 22 Desa dan Kelurahan di Provinsi Sumatera Utara yang menjadi pilot project dari program Desa Bersinar yang dicanangkan Kepala BNN pusat dan juga perwakilan UNODC (United Nations Office on Drugs and Crime) untuk wilayah ASEAN Mr. Collin Brown, kata Kades lagi.

Franky Suwito Lubis juga menambahkan bahwa dalam rangka melakukan upaya pencegahan penyalahgunaan penyaluran dan peredaran gelap narkoba di wilayah Desa Hessa Perlompongan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Asahan dan Komando Distrik Militer 0208 Asahan. Pada tanggal 30 Oktober 2019 yang lalu Kepala BNN Kabupaten Asahan Kompol B. Sitompul SH telah memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Desa dalam rangka pencanangan Desa Hessa Perlompongan sebagai Desa Bersinar.

Terakhir pada peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Tahun 2021 yang dilakukan di aula Melati kantor Bupati Asahan, Pemerintah Desa Hessa Perlompongan kembali meraih penghargaan Desa Bersinar untuk kedua kalinya. Penghargaan itu diserahkan oleh Bupati Asahan H. Surya BSc didampingi Plt. Kepala BNN Kabupaten Asahan Kompol Rohim Marthin Gultom S.Sos, MH kepada Kepala Desa Hessa Perlompongan Franky Suwito Lubis.(krm)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button