DaerahJawa TimurSitubondo

FPK Bersama UNARS Situbondo Mengadakan Pelatihan Pengembangan UMKM Berbasis Digital

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Kabupaten Situbondo bekerjasama dengan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo mengadakan Pelatihan Pengembangan UMKM Berbasis Digital bertempat di Aula lantai 2 UNARS Situbondo, Kamis (9/9/2021).

Pelatihan pengembangan berbasis digital tersebut dihadiri Ketua FPK dan juga Rektor UNARS Situbondo Dr Karnadi.MSi, Sekretaris FPK Linda Indrawati SP.d, Narasumber Dr. Andika M.M. serta puluhan peserta UMKM Berbasis Digital dari beberapa suku Tionghoa, Jawa, Madura dan Sunda yang ada di Kabupaten Situbondo.

Sebelum narasumber memberikan pelatihan dan cara berjualan melalui digital/online, Ketua FPK Kabupaten Situbondo Dr Karnadi.MSi mengatakan bersukur, karena FPK mau bekerjasama dengan UNARS Situbondo dalam rangka meningkatkan UMKM yang ada di Kabupaten Situbondo.

“UMKM kita, data menyebutkan, dari 64,2 juta 87,2 dampak daripada Covid- 19 itu turun. Untuk UMKM yang berbasis Online yaitu dari 17,2% naik menjadi 27%. Atas dasar inilah FPK bersama UNARS Situbondo mengadakan pelatihan digital untuk membangun UMKM – UMKM yang baru agar kedepannya menjadi sukses. Saya yakin, dengan UNARS digital kita nantinya akan naik sesuai harapan,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris FPK, Linda Indrawati SP.d juga mengatakan bahwa, inti dari Forum Pembaruan Kebangsaan mengajak UNARS karena kebetulan Ketua FPK ini adalah Rektor di UNARS dengan tujuan mengumpulkan semua suku yang ada di Kabupaten Situbondo dengan tanpa membeda – bedakan agama.

“Kita membuat suatu gerakan bersama, yaitu menciptakan pasar digital dari UMKM yang saat ini sangat dibutuhkan, karena jika kita memakai cara UMKM lama dengan sistem Ofline kita tidak bisa menjangkau pemasaran yang lebih jauh. Dengan adanya pembekalan pelatihan ini kita semua berharap mempunya kesempatan yang sama terutama di beberapa suku yang ada di Kabupaten Situbondo ini dapat bersatu untuk belajar bersama bagaimana cara berdagang melalui digital/online agar pemasaran barang dagangan kita meluas,” tuturnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button