AdvedtorialSulawesiSulbar

ABM Gubernur Serahkan Internet VSAT di Kalumpang- Bonehau

BeritaNasional.ID.Sulbar — 
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menyerahkan bantuan jaringan internet kepada desa terpencil melalui koneksi satelit via VSAT (Very Small Aperture Terminal) di Kabupaten Mamuju
Penyerahan secara simbolis itu dilakukan disela-sela peresmian Jembatan Karatau di Kecamatan Kalumpang dan Bonehau, Kabupaten Mamuju, Rabu, 8 Desember 2021

Bantuan tersebut merupakan salah satu program Marasa (Mandiri, Cerdas dan Sehat) yang tertuang dalam RPJMD Pemprov Sulbar 2017 -2022.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, berharap jaringan internet ini bisa membantu masyarakat mengakses informasi.

“Gunakan sebaik-baiknya, kita harap dengan Internet ini dapat membantu masyarakat mendapatkan akses informasi,” kata Ali Baal Masdar.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulbar , Mustari Mula mengatakan, dukungan internet gratis tersebut bagian dari Program Mandiri Cerdas Sehat (Marasa). Tujuannya untuk memudahkan akses informasi bagi masyarakat.

“Sekaligus bantuan ini juga untuk mendukung sistem belajar daring yang biasa diterapkan dimasa Pandemi Covid-19,” ujar Mustari

Disebutkan, sebanyak dua intenet gratis yang akan disalurkan, menyasar di dua kecamatan.

Soal pengelolaan, kata dia, untuk sementara akan menjadi tanggungan pemprov Sulbar. Namun untuk tindak lanjutnya diharapkan dapat ditopang melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Ini juga sudah kita lakukan di tahun sebelumnya sejak berjalannya program Marasa, kita bekerjasama dengan desa bagaimana agar masyarakat yang berada di daerah pelosok mendapatkan akses jaringan internet,” terang Mustari.
Amri Eka Sakti, selaku warga Bonehau mengaku, masih banyak desa di Kecamatan Bonehau belum menikmati internet.

Karenanya, ditengah perkembangan zaman, masyarakat baru bisa mengandalkan Handy Talky (HT) untuk memudahkan komunikasi khusus di sejumlah desa di Bonehau.
“Disini masih gunakan HT, jadi frekuensinya itu satu frekuensi,” tandasnya.(idr)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button