ACEH

Aceh Lakukan Ekspor Perdana CPO ke India

Beritanasional.Id, Calang – Plt. Gub Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT, Kamis, 17 Okt 2019 Pukul 14.30 melepaskan ekspor perdana CPO sebanyak 4.900 Metrik Ton senilai USD 2.346.250,00 ke Pelabuhan Krishnapatnam, India dengan menggunakan Kapal Mekong Trans dari Pelabuhan Calang.

Ekspor dilakukan oleh PT. Calang Sejati Indah. Dalam Sambutannya, Plt. Gub Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT, mengucapkan selamat dan keberhasilan ini diikuti dengan keberhasilan yang lain dan indikator ekonomi aceh bisa dikoreksi.

“Momentum hari ini bukan lokal dan nasional tetapi momentum global sebagai salah satu titik ekpor dunia,” kata Nova.

Sementara Asisten 2 Setda Aceh mengatakan bahwa Aceh harus melakukan upaya pengolahan dan ekspor terhadap hasil alam Aceh, Ekspor hari ini menambah ekspor Aceh selanjutnya, yang paling besar ekspor Aceh sekarang ini adalah batu bara.

“Pihak Eksportir dimohon perbaikan infrastruktur dermaga yang semula 5000 ton menjadi 10000 ton,” katanya.

Kepala Bank Indonesia Zainal Arifin mengucapkam selamat atas ekspor CPO sebab sebelumnya memiliki kendala berupa kapasitas pelabuhan yang seharusnya 10000 ton, namun sudah diusulkan ke pusat, kepala BI juga mengharapkan agar tidak hanya CPO saja tetapi ada yang lain.

Bupati Aceh Jaya, Teuku Irfan TB mengatakan bahwa ekspor hari ini adalah pengulangan masa lalu dimana dari pantai Aceh Jaya dulu dilayari kapal dalam negeri dan luar negeri.

Pelabuhan ini bukan hanya digunakan oleh masyarakat Aceh Jaya tapi seluruh kab kota yang ada di barsela.

Bupati juga siap untuk ditunjuk Aceh Jaya menjadi Kawasan Ekonomi Khusus atau Kawasan Industri Terpadu.

Kepala KPLP menyampaikan ini merupakan Lauching Perdana Ekspor CPO di Provinsi Aceh.

“Dengan adanya Ekspor CPO ini, diharapan Aceh Jaya semakin maju,” harapnya. ( Alan).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button