Daerah

Aceh Tamiang Dilanda Banjir, Sekda Asra Kawal Langsung Penimbunan Tanggul Darurat

BeritaNasional.ID, ACEH TAMIANG — Akibat intensitas curah hujan tinggi dalam sepekan, air sungai meluap serta mengakibatkan tanggul di Kampung Muka Sungai Kurok Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang terancam jebol karena sudah mulai terderus derasnya air banjir.

Antisipasi jebolnya tanggul dimaksud Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Asra bersama BPBD setempat gerak cepat memperbaiki tanggul yang mulai terkikis, Senin (25/12/2023).

Sementara kondisi tanggul yang terancam jebol tersebut, Sekda Asra menerjukan satu alat berat Excavator (Beko) dengan membangun tanggul darurat sepanjang 50 meter. Tindakan itu guna mengantisipasi kemungkinan buruk yang dapat membahayakan warga setempat.

“Kita harus segera tangani ancaman tanggul ini agar tidak membahayakan warga. Ya kita harus antisipasi, meski darurat tapi untuk sementara dapat mengantisipasi meluapnya air sungai ke pemukiman warga,” jelas Sekda.

Kepala BPBD Aceh Tamiang, Iman Suhery, S.STP, MAP yang mendampingi Sekda di lokasi menambahkan, pihaknya mengerahkan 1 unit alat berat jenis Eskavator agar mempermudah pengerjaan tanggul darurat itu.

Bayu sapaan akrab Iman Suhery menjelaskan bobolnya tanggul akibat pengikisan di dasar tanggul karena air sungai yang sangat deras. Makanya harus segera dibangun tanggul darurat.

“Dasar tanggul dikikis air hampir sepanjang 50 meter, dan alhamdulillah sudah teratasi,” sebut Bayu.

Ditambahkan, tim BPBD yang dikoordinir langsung oleh Sekda menyelesaikan pembangunan tanggul darurat selama 5 jam, yaitu sejak pukul 3 siang sampai dengan pukul 8 malam.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button