BanjirDaerahJawa Timur

Air Meluap Penyebab Jebolnya Gorong-gorong Di Bondowoso

Berita Nasional.ID, Bondowoso Jawa Timur –  Kondisi gorong-gorong di Desa Curah Poh, Kecamatan Curah Dami, Kabupaten Bondowoso jebol dan meluap gara-gara tidak mampu menampung air hujan.

Kapolsek Curah Dami, AKP Didik Waluyo membenarkan sering meluapnya air pada gorong-gorong yang berada di Kecamatan Curah Dam.

Diketahui, jika terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi, saluran air pada gorong-gorong yang berada di Desa Curah Pohi, Kecamatan Curah Dami itu meluap.

Hal itu menyebabkan bangunan gorong-gorong yang berada di Kecamatan Curah Dami, itu terkikis dan akhirnya jebol sehingga menyebabkan ruas jalan pada lokasi tersebut rusak.

“Sering kali air di gorong-gorong itu meluap ketika sedang terjadi hujan deras ditambah dengan durasi yang lama,” jelas Didik, sapaannya, Rabu, 26 April 2023.

Ini, lanjutnya, kalau hujan deras apalagi kalau lama, air yang mengalir di bawah gorong-gorong ini bisa meluap tinggi.

Ditambahkan, kadang air dari sawah-sawah yang ada di pinggir jalannya ini malah meluap juga, jadi ya mungkin jebolnya gara-gara itu.

Disamping itu, Kecamatan Curah Dami merupakan kecamatan yang memang paling rawan terkena musibah banjir.

“Sehingga tidak menutup kemungkinan, beberapa infrastruktur ini rusak akibat bencana banjir,” jelasnya.

Daerah kita ini, lanjutnya, kan juga terkenal sebagai daerah yang rawan banjiri.

“Ya bisa jadi itu gorong-gorong jebol atau infrastruktur rusak dikarenakan bencana banjir,” sambungnya.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati LIRa, Ahroji, SH mengatakan, kualitas pengerjaan dan bahan yang digunakan diduga kurang bagus untuk menunjang arus lalu lintas yang berada di wilayah itu.

“Ada beberapa indikasi kenapa gorong-gorong ini bisa rusak, dilihat dari kualitas pengerjaannya pun kurang baik,” jelasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button