Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Nasional

Ajang Sakip Award 2018 Kemenpan RB : Polman Kembali Raih Predikat B Ke 4 Kalinya

Melengkapi Piala Adipura Dan Predikat Zona Hijau dari Ombudsman RI

image_pdf

Polman Sulbar .Berita Nasional.ID — Pemerintah Pusat melalui Kementerian PAN dan RB kembali menyelenggarakan kegiatan Penyerahan Hasil Evaluasi AKIP sekaligus pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang menunjukkan komitmen kuat dalam mengimplementasikan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) menuju Pemerintahan yang berorientasi hasil (Goverment Result Oriented). Dalam ajang SAKIP AWARD 2018 yang mengusung tema ”make change, make history” hari Selasa, 19 Pebruari bertempat di Auditorium Four Point Hotel Makassar, Kata Kabag Humas dan Protokuler Aco Musaddat

Lanjut Aco Musaddat , Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar kembali memperoleh Predikat B (Baik) dari Menteri PAN dan RB, Syafruddin yang didampingi oleh Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Muhammad Yusuf Ateh. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Polewali Mandar, HM. Natsir Rahmat, yang didampingi Kepala BappedaLitbang, Darwin Badaruddin, Inspektur, Ahmad Syaifuddin dan plt. Kabag Organisasi Tata Laksana, I Nengah Tri Sumadana. Jelas Aco Musaddat.

HM. Natsir Rahmat mengungkapkan bahwa prestasi yang diraih Kabupaten Polewali Mandar untuk ke 4 kalinya ini dengan Predikat B, tentunya sangatlah menggembirakan, terlebih pada tahun ini kita memperoleh lompatan nilai yang cukup signifikan yaitu dari 62,43 pada tahun 2018 kini naik menjadi 66,12 poin. Capaian prestasi ini merupakan hasil kerja keras Bupati, Andi Ibrahim Masdar bersama seluruh Pimpinan Perangkat Daerah beserta jajarannya. Namun tentunya kita tidak boleh puas dengan capaian ini, Prestasi ini harus kita tingkatkan lagi, karena Kita berharap Polewali Mandar dalam 1 atau 2 tahun lagi bisa meraih Predikat A. Kegembiraan ini tentunya melengkapi prestasi awal periode kedua kepemimpinan AIMbeNAR, karena Predikat SAKIP B ini melengkapi prestasi yang sebelumnya juga diraih di awal tahun yaitu Piala ADIPURA dari Kementerian LHK dan Predikat Zona Hijau dari Ombudsman RI. Terang Wak Bupati Natsir Rahmat yang dikutip oleh Aco Musaddat.

Terpisah Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar meminta kepada jajarannya untuk memantapkan penyusunan RPJMD dan RENSTRA sebagai dasar dari pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja periode 2019-2024, memantapkan target sasaran secara terukur dengan berbasis data kinerja yang valid, dan memastikan seluruh perangkat daerah dan satuan-satuan kerja yang ada di dalamnya untuk berkinerja dengan memperhatikan azas efisiensi dan efektfitas.

Adapun perkembangan capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dari tahun 2015 s.d. 2018, dapat dilihat pada chart berikut :

Lebih rinci Aco Musaddat mengutip penyampaian Bupati mengatakan . Hasil evaluasi atas SAKIP Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2018 sebagaimana tertuang dalam Surat Kementerian PAN dan RB Nomor : B/904/AA.05/2018 tanggal 31 Desember 2018 terungkap bahwa capaian Predikat B tersebut menunjukkan bahwa tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran sudah cukup baik jika dibandingkan dengan capaian kinerja. Hal ini disebabkan kualtias pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil sudah mulai berjalan namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut. Perbaikan dimaksud meliputi: Analisa turunan kinerja dari Kepala Daerah ke Perangkat Daerah sampai unit kerja terkecil, bahkan sampai ke level individu ditingkatkan terus, mendorong pembangunan budaya kinerja dengan meningkatkan keselarasan ukuran-ukuran kinerja untuk mewujudkan performance base organization.

Mengembangkan aplikasi teknologi informasi keuangan yang terintegrasi dengan aplikasi kinerja sekaligus digunakan sebagai reviu capaian kinerja secara berkala. Menguatkan komitmen seluruh Kepala Perangkat Daerah sampai ke level organisasi terkecil untuk mengoptimalkan montoring dan evaluasi berbasis kinerja , Jelas Bupati lebih rinci yang dikutip Aco Musaddat.

Show More

Related Articles

Close