DaerahRagam

Akibat Covid-19 Kades Balampesoang Salurkan Bantuan BLT untuk Keluarga Tidak Mampu

BeritaNasional.Id, Bulukumba –Kepala Desa Balampesoang Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba menyalurkan bantuan Langsung Tunai melalui Dana Desa (BLT-DD) untuk tahap awal penyaluran BLT.

Penyaluran BLT untuk 159 keluarga sudah rampung dilakukan oleh kepala Desa Balampesoang bersama aparatnya selasa (19/5).Disaksikan langsung oleh seluruh aparat terkait,Bhabinkamtibmas,Bhabinsa dan para pendamping Desa.

Dalam penyaluran BLT-DD ini, Kepala Desa Balampesoang mengawali penyerahan tersebut ke penerima maanfaat kemudian disaksikan oleh  BPD, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Berdasarkan pantauan dilokasi setiap penerima bantuan langsung senilai Rp 600 ribu/kk, diperlihatkan secara transparan sesuai jumlah uang yang diterimanya.Sesuai prosedur portokoler Covid-19.

Kepala Desa Balampesoang, Herman Sahir mengatakan, dari kurang lebih 714 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari lima dusun ini hanya 159 kk yang berhak menerima BLT.

Kata dia, data tersebut berdasarkan hasil survei di lapangan yang didata oleh pendamping desa dan pendamping kecamatan yang didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Kemudian pendataan itu dilakukan  dengan melihat warga yang betul-betul miskin dan warga yang kurang mampu sesuai kategori. Saya juga melihat bahwa rata rata penerima bantuan ini mereka yang terputus mata pencahariannya akibat dampak dari Covid-19,” katanya.

Herman Sahir juga katakan kegiatan penyaluran BLT-DD ini akan dilakukan selama tiga bulan berturut-turut adapun penerima bantuan rata-rata kesehariannya,petani dan buruh harian lepas (tukang batu).

Herman menjelaskan, dari hasil pantauan dan musawarah desa tercatat dan ditetapkan 159 kk yang berhak menerima BLT-DD.

“Sementara untuk warga yang sudah terdaftar namanya di program kemensos, berarti tidak didata lagi dipenerimaan bantuan BLT-DD,”ucapnya.(Andi Bur)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close