Bencana alamDaerahJawa TimurRagamSitubondo

Akibat Diterjang Hujan Deras, Plengsengan di Desa Selomukti Situbondo Ambruk

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Akibat diterjang hujan deras, plengsengan di Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo ambruk. Beruntung tak ada korban jiwa dalam bencana alam tersebut, hanya reruntuhan plengsengan tersebut, menutup akses jalan, Jumat (22/04/2022).

Keterangan yang disampaikan koordinator lapangan Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo, Puriyono mengatakan bahwa, ambruknya plengsengan tersebut dipicu hujan deras yang melanda desa setempat pada malam hari.

“Kalau hujannya itu malam hari, tapi warga setempat mengetahui kalau plengsengan sepanjang 10 meter dengan tinggi 7 meter itu ambruk pagi hari,” jelas koordinator Lapangan Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo, Puriyono.

Lebih lanjut, Puriyono mengatakan, dalan bencana tersebut menyebabkan jalan penghubung di desa setempat tertutup meterial reruntuhan plesengan itu. “Warga desa setempat sulit untuk melintas di jalan itu. Kemudian kami dan warga membersihkan reruntuhan tersebut dan akses jalan sudah bisa digunakan lagi,” tutur Puriyono.

Lokasi kejadian tersebut, imbuh Puriyono, merupakan tempat yang rawan longsor. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar warga selalu waspada ketika melewati jalan desa tersebut.

“Kami sudah memasang rambu rambu peringatan di tempat kejadian tersebut. Soalnya, tebingnya cukup terjal dan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi susulan longsor yang membahayakan bagi pengendara umum,” pungkas Puriyono.

Publisher                     : Heru Hartanto

Pewarta                       : As’ad Zuhaidi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button