Jawa Timur

Aksi Damai, Puluhan Warga Desa Perning, Tuntut Tambang Galian C di Desa Prayungan, Ditutup

BeritaNasional.id Nganjuk – Puluhan warga Desa Perning, Kecamatan Jatikalen ingin melakukan aksi damai di balai Desa Perning setempat, Kamis (20/9/2022).

Mereka menuntut aktifitas galian C di Desa Prayungan, Dusun Lengki, Kecamatan Lengkong, ditutup karena merusak jalan dan debu.

Warga desa Perning di bagian barat tepatnya Dusun Seloguno memasang Banner di antaranya bertuliskan “Stop armada Dumptruk Galian C Desa Prayungan, lewat Desa Perning”. Tulisan tersebut menyampaikan rasa protes terhadap adanya aktifitas galian C di area jalan Desa Perning, Kecamatan Jatikalen

Salah satu warga, ketika ditemui wartawan, mengatakan warga menuntut pengelola usaha galian C di Dusun lengki, Desa Prayungan, Kecamatan Jatikalen agar ditutup karena keberadaanya telah merusak areal jalan umum dan debu di warga sekitar.

“Kami sebagai masyarakat yang terdampak selama ini telah memberikan tolerasi kepada pihak pengelola. Agar berhenti melewati desa kami, karena kami menginginkan jalan ini di aspal, ” ungkap warga Desa Perning Saija pada wartawan.

Aksi warga itu sebagai bentuk protes terhadap galian tambang yang menyebabkan jalan rusak.

Warga Desa Perning, akan menghadang armada berat truk tambang, yang hendak melintas.

Warga Desa Perning tidak akan membolehkan satupun truk tambang muatan urug yang melintas.

Menurut salah satu warga, Saija, aksi itu sebagai bentuk protes, karena aktivitas penambangan galian C menyebabkan polusi udara hingga jalan rusak. Kerusakan jalan akibat lalu lalang armada berat truk tambang.

“Harga mati, perbaikan jalan di Desa Perning, dan Dilarang keras melintas armada berat truk galian c prayungan,” pungkas warga seloguno, yang tidak mau disebutkan namanya disini. (ISK)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button