Sumatera

Sosialisasi Pengawasan Pemilu, Bawaslu Agam Berikan Pemahaman Pada Anggota Pramuka

BeritaNasional.ID, AGAM SUMBAR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam memberikan pemahaman tentang pengawasan pemilu partisipatif kepada anggota pramuka.

Sosialisasi pengawasan partisipatif itu diberikan dalam rangka menyongsong masuknya tahapan Pemilu 2024.

Anggota Bawaslu Agam, Okta Muhlia, SE, M.Si, menyebutkan sosialisasi itu bertujuan memperkenalkan peran Saka Adyasta Pemilu di daerah setempat terkait pengawasan kepemiluan, terutama kepada anggota pramuka.

Dikatakan, Saka Adhyasta Pemilu Kabupaten Agam sudah terbentuk sejak awal tahun 2020. Namun kegiatannya sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Kedepan perlu dilakukan langkah-langkah konkrit untuk mewujudkan Saka Adhyasta Pemilu yang dapat memberi manfaat bagi demokrasi,” ujarnya pada pelantikan dan pengukuhan pengurus Mabiran, Kwaran dan Dewan Kerja Ranting Gerakan Pramuka 0605 Banuhampu, di Aula MTsN, Rabu (28/09/22).

Okta mengungkapkan, Bawaslu Agam selalu mengedepankan upaya pencegahan dalam setiap tahapan Pemilu, sesuai dengan slogan Cegah, Awas, Tindak, seperti kegiatan hari ini adalah bagian dari upaya pencegahan.

“Setidaknya ada 7 program pengawasan partisapatif yang sedang dikembangkan oleh Bawaslu Agam yaitu Saka Adhyasta Pemilu, forum warga, pengabdian masyarakat, pojok pengawasan, Media Sosial, SKPP dan Kerjasama dengan semua pihak,” sebutnya.

Pihaknya berharap kedepan terbangun kerjasama dengan semua pihak dan dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan pemilu yang demokratis, luber dan jurdil.

“Melalui kolaborasi dengan semua pihak diharapkan dapat diwujudkan Pemilu yang demokratis,” ujarnya. (RieL)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button