Ragam

Kasek Edy Prasetyo, Alumni SMK 17 Agustus’45 Muncar Harus Bisa Jaga Citra Almamater

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Sebanyak 175 siswa kelas XII SMK 17 Agustus 1945 Muncar yang telah menyelesaikan pendidikannya, resmi dilepas pada Rabu (2/5/18) pukul 09.30 WIB. Prosesi pelepasan itu digelar didepan halaman sekolah yang terletak di JL raya Blambangan, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dari 175 siswa yang dilepas itu, berasal dari empat kompetensi keahlian dengan rincian, Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak 22 Siswa, Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan 39 Siswa, Kompetensi Keahlian Akutansi 88 Siswa dan Kompetensi Keahlian Pemasaran 26 Siswa.

Acara pelepasan siswa siswi tersebut dipimpin langsung Kepala Sekolah SMK 17 Agustus 1945, Edi Prasetyo SE MM, dihadiri Dewan Pembina Yayasan SMK 17 Agustus 1945 Suwandoko. Turut mangayubagyo Forpimka Muncar, Kepala SMP dan SMK se Kecamatan Muncar, para general manager (GM) hotel, restoran, dunia usaha dan dunia industri. Tidak ketinggalan pula komite SMK 17 Agustus 1945 Muncar dan para wali murid kelas XII.

Dalam pelepasan siswa kelas XII itu, SMK 17 Agustus 1945 Muncar juga memberikan piagam penghargaan kepada siswa yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. Dalam kesempatan tersebut, Kasek Edy Prasetyo berpesan, apa yang diraih saat ini bukan akhir dari sebuah perjuangan yang telah di tempuh para siswa siswi selama 3 tahun. “Namun saat ini merupakan titik awal untuk menjalani kehidupan di luar sana. Dengan bekal ilmu yang kalian peroleh selama 3 tahun di bangku sekolah, mudah mudahan bermanfaat untuk menjalani kehidupan ditengah masyarakat, baik untuk bekerja maupun berwira usaha,” ujarnya.

Ditegaskan Edy Prasetyo, tujuan utama bersekolah di SMK itu setelah lulus bisa bekerja dan dapat terjun langsung ke dunia usaha atau dunia industri. Untuk itu, Edy berharap seluruh lulusan SMK 17 Agustus 1945 Muncar dapat mengaplikasikan keahliannya di bidang masing-masing serta mampu mengamalkan ilmu pengetahuan, wawasan, serta ketrampilan yang telah didapat dari sekolah.

“Setelah lulus ini, kalian harus mampu mengamalkan ilmu pengetahuan, wawasan, dan ketrampilan yang telah didapat di sekolah. Baik di tempat kerja maupun ditengah masyarakat. Sehingga seluruh lulusan SMK 17 Agustus 1945 Muncar bisa berguna bagi Agama Nusa dan Bangsa. Untuk itu saya berharap para alumni bisa menjaga citra almamater,” pinta Kasek Edy.

Mengiringi acara pelepasan siswa siswi ini, tampil sebuah hiburan dan pementasan seni. Sehingga acara di siang hari itu membuat para pelajar dan dewan guru serta undangan yang datang terlihat antusias dan bersemangat kendati cuaca terasa panas menyengat. Lemah gemulainya tarian dan sajian penyanyi bahkan atraksi karate yang membelah satu balok es dengan kepala membius audiens yang hadir. Dan yang terpenting lagi, pelepasan siswa siswi kelas XII SMK 17 Agustus 1945 Muncar ini berjalan dengan aman dan kondusif serta dihadiri ribuan tamu undangan dan pengunjung.

Salah satu guru pembimbing di SMK setempat, Susilo Kasri SH MH menyatakan, bahwa masyarakat telah mengakui dan percaya atas keberadaan SMK di Muncar. Sehingga mereka pun tanpa ragu ragu menitipkan pendidikan putra putrinya di SMK 17 Agustus 1945 Muncar.

“SMK kita ini berprestasi, karena ditunjang dengan fasilitas yang sangat memadai. Mulai dari sarana praktikum yang lengkap, peningkatan kualitas guru melalui berbagai diklat. Dengan demikian, para siswa disini akan memiliki kemampuan tidak hanya memiliki ilmu dan ketrampilan, tetapi juga perilaku dan karakter yang baik. Endingnya, siswa siswi SMK 17 Agustus 1945 Muncar dipastikan memiliki kemampuan lebih,” beber guru pembimbing yang akrab dipanggil Pak Ello ini. (red)

Caption : Prosesi pelepasan ditandai diterbangkannya burung merpati disaksikan tamu undangan

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close