DaerahPapua

Amalkan Nilai dan Fungsi Pengawasan, PTA Papua Barat Laksanakan Pembinaan dan Pengawasan di PA Kaimana

BeritaNasional.ID, Papua Barat – Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Papua Barat melaksanakan Pembinaan dan Pengawasan secara langsung di Pengadilan Agama (PA) Kaimana pada Selasa (1/8).

Tim Pengadilan Tinggi Agama Papua Barat dipimpin langsung oleh Ketua PTA Papua Barat, YM. Dr. H. Ahmad Fathoni, S.H., M.Hum. beserta Wakil Ketua PTA Papua Barat, Dr. H. Abdul Ghofur, S.H., M.H., Panitera PTA Papua Barat, Drs. Fakhrurazi, M.H., Plt. Sekretaris PTA Papua Barat, Raswin, S.H.I.

Tak lupa pula, Pembinaan dan Pengawasan PTA Papua Barat ini juga diikuti oleh Ketua PA Manokwari, Sorong, dan Fakfak serta Sekretaris PA Manokwari. Sedangkan dari Pengadilan PA Kaimana diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera serta Pegawai PA Kaimana.

Ada pun yang bertindak selaku Moderator dalam kegiatan Pembinaan oleh PTA Papua Barat adalah Ketua PA Kaimana, Muhammad Nasir, S.H.I.

Dalam acara Pembinaan tersebut, Ketua PTA Papua Barat, Dr. H. Ahmad Fathoni, S.H., M.Hum, dalam membuka acara Pembinaan tersebut menyampaikan bahwa ASN sebagai pelayan publik, mari kita senantiasa berniat, bertekad dan memberikan pelayanan prima kepada seluruh para pencari keadilan.

Ia pun mengajak untuk senantiasa mengamalkan nilai-nilai dan fungsi pengawasan melekat baik secara internal maupun eksternal, fungsi monitoring, fungsi evaluasi dalam menjalankan tugas pokok sebagai aparatur peradilan hingga tetap menjaga muruah lembaga peradilan sebagai lembaga yudikatif.

“Mari tetap berniat dan berbuat baik, bekerja dengan kinerja terbaik dan berkualitas dan selalu tersenyum dalam memberikan pelayanan,” ujarnya.

Kemudian, Wakil Ketua PTA Papua Barat, sebagai Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas, Koordinator Pengawasan, serta Pembinaan secara internal. Yang tak kalah penting, Motto Pengadilan perlu diamalkan, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan kepada para pencari keadilan.

Selanjutnya, pengawasan yang dilaksanakan oleh Hawasbid harus dilaksanakan minimal Sekali dalam Tiga Bulan guna memastikan fungsi pengawasan harus berjalan secara masif dan maksimal. Penting pula dilaksanakan secara berkala Diskusi Hukum dan Peningkatan kinerja dan kapabilitas sesuai tugas pokok dalam menegakkan keadilan baik melalui kegiatan bimtek, ddtk, maupun pembinaan secara internal.

Panitera PTA Papua Barat, Drs. Fakhrurazi, M.H, menyampaikan secara spesifik terkait bagian kepaniteraan khususnya dalam menjalankan tugas-tugas pokok pada bagian kepaniteraan seperti terkait Pengelolaan Keuangan Perkara, Penyelesaian Administrasi Perkara serta Kepatuhan Validasi e-register perkara, e-keuangan perkara serta tetap memperhatikan akurasi data terkait data perkara maupun data keuangan perkara demi sikap profeisonalime dan integritas kita sebagai aparatur Lembaga peradilan dalam menegakkan keadilan kepada para pencari keadilan.

Terakhir, Ketua PTA Papua Barat menutup kegiatan Pembinaan dengan memberikan pesan “Jangan pernah berhenti untuk tersenyum”. Akhirnya, pembinaan ditutup dengan mengucapkan Alhamdulillahirabbilalamin. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button