LangkatPolitikSumatera UtaraSUMUT

Anggota DPR RI Delia Pratiwi Gandeng BPOM Sosialisasikan Obatan dan Makanan yang Aman

BeritaNasional.ID, LANGKAT SUMUT – Delia Pratiwi Br Sitepu, S.H, melaksanakan sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi informasi dan edukasi obat dan makanan bersama tokoh di Desa Pantai Cermin, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupten Langkat, Sumut, Sabtu (24/06/2023).

Anggota DPR RI Komisi IX, dalam hal ini menggandeng pihak BPOM medan untuk memberitaukan kepada masyarakat, terkait obat-obatan, kosmetik dan bahan makanan yang aman digunakan.

Ketua Tim Infokom Balai Besar BPOM Medan, Dwi Setio Purnomo, S.Farm, Apt, M.Sc, menerangkan, pentingnya masyarakat mengetahui tentang obat dan makan yang baik. Ia menjelaskan kalau ingat soal makanan yang aman, maka ingatlah BPOM. Di produk dilebel diterangkan adanya logo badan POM tersebut.

Kami di BPOM ini merupakan non lembaga kementerian. Tugas khususnya tentang pengawasan makanan dan minuman. Nah, kalau ada logo BPOM baru boleh ijin produk makanan itu beredar.

Dalam kesempatan ini, pengawasan harus juga dilakukan oleh masyarakat, yang masyarakat yang pintar. Jangan asal belik produk, maka teliti dulu pada kemasan produknya. Lihat dulu sebelum membeli, apakah mendekati hasil batas waktunya. Lihat dikemasan untuk masa batas waktu kadaluarsa (expired date).

Dikwatirkan, jika membeli produk yang dekat masa tenggang waktu, kemudian lupa dirumah akan menggunakanya, sehingga terlewatkan maka akan tidak aman digunakan.

Dikesempatan juga, Dwi Setio Purnomo membuka ruang rubik bertanya kepada masyarakat terkait obat-obatan, kosmetik maupun tentang makanan dan minuman yang aman.

Sebelumnya, Camat Tanjung Pura Nawawi yang hadir dikesempatan itu mengatakan ucapan terimakasih kepada Ibu Delia, karena telah membawa pihak BPOM untuk melakukan sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi informasi dan edukasi obat dan makanan bersama tokoh masyarakat, didesa ini, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat kami.

Delia Pratiwi yang merupakan putri kandung dari Ngogesa Sitepu, mantan Bupati Langkat 2 periode, tampak akrap ramah dan bercanda dalam sesi tanya jawab, terkait pentingnya masyarakat mengetahui obat apa yang aman dikonsumsi, dan makanan minuman apa yang aman, termasuk alat komestik yang aman.

Ia menerangkan, dan memberi contoh. Obot-obatan dapat berbahaya, ketika obatan tidak sesuai dengan dosis yang akan digunakan, karena obat akan menyebabkan efek yang belebihan. Misalnya minum ctm, seandainya ketika kita mrngkonsumsi tidak sesuai dalam atauran, maka akan dapat berbahaya.

“Odol, sampo, sabun, itu juga kosmetik, untuk membersihkan dan untuk mewangikan. Namun kosmetik itu jangan salah gunakan, akan berdampak pada tubuh, khusunya kulit. Jadi pilih produk yang aman dan cocok untuk kulit, seperti lipstik dan lainnya. Saya berharap, dengan sosialisasi ini, diharapkan, melalui konsumen yang cerdas, diharapkan tidak ada lagi korban dari makan berbahaya, maupun kosmetik,” ucapnya.

Hadir dikegiatan itu Kanit intel Polsek Tanjung Pura, AIPTU R.Nainggolan, perwakilan Koramil 11 Tanjung Pura Serma Suprayetno, Ketua MUI Tanjung Pura H Riduan, Kades Pantai Cermin Muhammad Taufim, AMK, dan beberapa Kades di Tanjung Pura lainnya. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button