DaerahJawa TimurNasionalPolitikRagamSitubondo

Anggota Komisi V DPR RI Dukung Pelabuhan Kalbut Situbondo Menjadi Terminal Peti Kemas

BeritaNasional.ID – SITUBONDO- Anggota Komisi V DPR RI Dapil III Jatim, Ir. H. Sumail Abdullah didamping Ketua DPC Gerindra Situbondo Jainur Ridho melakukan kunjungan kerja di Wilker Pelabuhan Kalbut, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo. Selain itu, Sumail juga mendukung pengembangan Pelabuhan Kalbut menjadi Terminal Peti Kemas, Sabtu (5/6/2021).

Dalam kunjungan kerjanya, Sumail melihat secara langsung sosialisasi keselamatan dan keamanan pelayaran rakyat serta pelaksanaan program padat karya tahun 2021 yang diselenggarakan Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub RI dan Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kelas IV Panarukan.

“Keselamatan pelayaran rakyat merupakan hal yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub RI melaksanakan sosialisasi keselamatan dan keamanan pelayaran rakyat,” kata Sumail Abdullah, anggta Komisi V DPR RI Fraksi Gerindra usai mengikuti sosialisasi keamanan pelayaran rakyat.

Bukan hanya itu saja yang disampaikan Sumail dihadapan sejumlah wartawan. Akan tetapi, Sumail juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan kajian kajian untuk pengembangan Pelabuhan Kalbut ini.

“Kedepan Pelabuhan Kalbut akan kita kembangkan menjadi pelabuhan yang diperhitungkan. Untuk saat ini, kapal-kapal besar masih transit ditengah belum bisa bersandar ke pinggir. Kalau sudah dikembangkan Insya Allah, nantinya kapal-kapal besar bisa bersandar di pelabuhan. Sehingga memiliki dampak ekonomi kepada masyarakat yang ada disekitar pelabuhan,” jelas Sumail.

Pelabuhan Kalbut, sambung Sumail, insya Allah dapat dikembangkan sebagai terminal Peti Kemas. Karena potensi di Pelabuhan Kalbut untuk menjadi terminal Peti Kemas sangat memungkinkan. “Dengan dukungan pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah daerah serta ditunjang dengan politik anggaran, maka saya yakin kedepan Pelabuhan Kalbut bisa menampung kegiatan ekonomi di Kabupaten Situbondo,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sumail mengatakan bahwa, pihaknya akan mendukung penuh pengembangan Pelabuhan Kalbut demi terciptanya kemajuan pembangunan transportasi laut. “Saya akan mendukung penuh pengembangan Pelabuhan Kalbut menjadi terminal Peti Kemas,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button