JabotabekRagam

Anies Baswedan : Realisasi Pertumbuhan UMKM di Jakarta Lampaui Janji Politik Kami

BeritaNasional.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim realisasi pertumbuhan UMKM di Jakarta hingga 2021 telah melampui target janji politiknya yang tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2017-2022.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Malam Apresiasi Jakpreneur Fest 2021 di Museum Mandiri, Jakarta Barat, Minggu, (24/10/2021).

“44 pusat pendampingan UMKM di setiap Kecamatan di DKI Jakarta yang dapat menghadirkan 200.000 wirausaha baru adalah janji kerja kami. Untuk itu Pemprov DKI Jakarta menginisiasi Jakpreneur yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI Jakarta, ” tutur Anies

Sebelumnya Anies menargetkan pertumbuhan UMKM dalam RPJMD adalah 200.000, sampai 2021 target tersebut sudah terlampaui dan diklaim sudah mencapai 287.000 UMKM.

“Alhamdulillah, target tersebut tidak hanya tercapai, tetapi bahkan terlampaui, berdasarkan data per 21 Oktober 2021, terdapat 281.812 peserta yang terdaftar dalam program Jakpreneur, tersebar di lima wilayah Kota dan satu Kabupaten Administrasi. Ini kolaborasi luar biasa, mereka menjadi mitra bekerja bersama kita, ” ucapnya lagi.

Pelaku UMKM yang baru tumbuh itu disebutnya tidak dibiarkan sendiri bertumbuh begitu saja, tapi mereka didampingi oleh kolaborator UMKM di 44 kecamatan di DKI Jakarta. Sebanyak 155.000 UMKM didampingi korabolator dan 177 UKM mendapat pelatihan secara langsung.

“Jadi ini adalah kerja kolaborasi yang luar biasa untuk pendampingan dan pembinaan UMKM. Pemerintah hanya memfasilitas,” kata dia.

Selain merayakan pencapaian Jakpreneur, pada malam apresiasi Jakpreneur Fest kemarin, kita memberikan penghargaan kepada pribadi-pribadi wirausahawan yang dapat dijadikan contoh, karena menjadi entrepreneur tidak ada pesimistis, ciri khasnya selalu bisa melihat kesempatan dalam kesempitan dan energi positif ini kita ingin sebarkan lebih jauh. Bukan hanya secara karya tapi optimismenya.

“Pandemi ini di luar dugaan, tetapi ini menjadi sebuah kesempatan bagi kita pelaku UMKM untuk me-restart, mulai dari awal. Kami di Jakarta memegang teguh bahwa kita tak akan mengecilkan yang besar, tapi membesarkan yang kecil dengan ekosistem usaha yang sehat dan proses pembinaan yang baik agar UMKM dapat berkembang, ” sambung Anies.

Selain memberikan penghargaan Jakpreneur of The Year yang dianugrahakan kepada UMKM Suwe Ora Jamu, acara ini juga menjadi kesempatan untuk penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan e-commerce Shoppe. Kerja sama ini termasuk:

– Pertukaran data dan informasi dalam rangka pelatihan, pembinaan, dan pendampingan untuk UMKM Jakarta menuju ekspor. Shopee akan menyelenggarakan pelatihan, pendidikan, dan workshop terkait ekspor.

– Melakukan penyaluran modal untuk pelaku usaha berupa voucher toko, voucher iklan, program gratis yang diberikan, hingga promosi bisnis pelaku UMKM di Shopee.

– Memfasilitasi branding bisnis UMKM melalui kampanye dan perluasan pemasaran produk melalui platform Shopee, bahkan promosi ke berbagai negara tujuan ekspor melalui fitur pemasaran online.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button