HeadlineNasionalRagam

Anies dan Ganjar Minta Gibran Didiskualifikasi, Hotman Paris : Super Cengeng

BeritaNasional.ID, Jakarta — Salah satu kuasa hukum pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Hotman Paris menyebut kubu Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD cengeng.

Pasalnya kubu 01 dan 03 telah meminta Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mendiskualifikasi Cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka dari Pilpres 2024.

Hal tersebut diungkapkannya pada waktu yang sama saat dirinya beserta rombongan Tim Pembela Prabowo-Gibran hadir ke MK mengajukan diri sebagai pihak terkait dalam perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2024, Senin (25/3) malam.

“Itu benar-benar saya katakan itu permohonan yang super-super cengeng,” sebutnya.

Hotman menjelaskan bahawa ada alasan kuat mengapa ia menyebut kubu Anies dan Ganjar cengeng. Menurutnya, baik kubu Anies-Muhaimin maupun Ganjar-Mahfud sudah mengakui legalitas Gibran sebagai Cawapres nomor urut 2 selama kontestasi pemilu 2024 berlangsung. Hal itu sesuai dengan istilah acceptance by conduct atau tindakan yang dilakukan adalah persetujuan yang tidak tertulis.

“Dua kali 01 dan 03 mengakui keabsahan Gibran, pertama waktu pemberian nomor urut di Komisi Pemilihan Umum. Kedua, saat debat cawapres berlangsung, Gibran diakui sebagai salah satu kontestan pemilihan presiden oleh seluruh paslon yang berlaga. Berapa kali Gibran debat dengan cawapres 01 dan 03, itu atas undangan KPU dan tidak ada protes satu pun, kok sekarang KPU disalahkan? Jadi menurut kami, rada cengeng gitu,” jelasnya.

Diketahui, Paslon Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud mengajukan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke MK.

Kubu Anies-Muhaimin menggugat dengan permohonan agar pemungutan suara digelar kembali tanpa cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

Sedangkan Ganjar-Mahfud meminta MK mendiskualifikasi paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran dari kontestasi politik dan pemungutan suara ulang.

(Ay/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button