DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Antisipasi Banjir, Bupati Situbondo Tinjau Bendungan Sampean Baru

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Bupati Situbondo Karna Suswandi, Sekda Situbondo Iwan Setiawan, Kepala BPBD Situbondo, Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kabupaten Situbondo serta pihak terkait lainnya meninjau Bendungan Sampean Baru di Kecamatan Tapen, Kabupaten Situbondo, Selasa (8/11/2022).

“Saya bersama kepala OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo meninjau langsung Bendungan Sampean Baru. Hal ini dilakukan setelah kami mengusulkan pengerukan ke Gubernur Jawa Timur dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional sebagai antisipasi penanggulangan banjir, ” kata Bupati Situbondo dihadapan wartawan.

Lebih lanjut, bupati yang akrab dipanggil Bung Karna ini mengatakan bahwa, pada forum diklat kepemimpinan penanggulangan bencanabencana. “Pada Forum itu, saya menyampaikan bahwa semenditasi atau lumpur yang ada di Bendungan Sampean Baru sangat tinggi. Bisa sampaian saksikan sendiri bahwa Bendungan ini sudah menjadi sawah, ” tegas Bupati Situbondo.

Bupati mengatakan, dengan adanya pendangkalan Bendungan Sampean Baru ini, maka otomatis debit air berkurang, karena hampir 90 persen Bendungan Sampean Baru ini penuh dengan lumpur. “Dulu mungkin setiap 5 tahun sekali ada pengerukan. Tapi, sekarang sudah berpuluh-puluh tahan tidak ada pengerukan. Padahal, akibatnya akan berdampak sangat fatal bagi Kabupaten Situbondo, ” tegas Bupati.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Situbondo dihadapan sejumlah wartawan ketika berada di Bendungan Sampean Baru, namun dia juga menegaskan bahwa, Kabupaten Situbondo yang mempunyai siklus banjir 6 tahunantahunan berharap kepada pemerintah pusat selalu pengelola Balai Besar Sungai Sampean Baru untuk segera melakukan pengerukan di Bendungan Sungai Sampean Baru.

“Kegunaan pengerukan ini, untuk mengendalikan banjir dan pasokan air irigasi yang menuju arah Situbondo tidak akan maksimal mengalir. Karena pengelolaan debit air di Bendungan Sungai Sampaian Baru mengalami pendangkalan ekstrim. Oleh karena itu, saya Bupati Situbondo berharap ke pemerintah pusat untuk segera melaksanakan pengerukan Bendungan Sungai Sampean Baru ini, ” pungkas Bupati Karna.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button