Daerah

Antisipasi Banjir, Korsda Banyuwangi Usulkan Normalisasi Sungai Wilayah Kecamatan Wongsorejo

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Sebagai antisipasi luapan air di aliran sungai akibat debit air yang sangat tinggi, Koordinator Sumber Daya Air (Korsda) Banyuwangi mengusulkan kepada DPU Pengairan Banyuwangi untuk melakukan normalisasi  sungai di wilayah kerjanya. Dalam hal ini, sungai yang di usulkan normalisasi berada di wilayah Kecamatan Wongsorejo dan Banyuwangi Kota.

Puput Waskito Adi,Korsda Banyuwangi saat ditemui di kantornya (22/4/2021) mengatakan, upaya antisipasi luapan air yang berdampak banjir, pihaknya sudah mengusulkan untuk merencanakan program normalisasi di wilayah kerjanya. “Alhamdullilah usulan program kami di respon dan sudah di realisasi,” ujarnya.

Dikatakan Puput,normalisasi sungai yang dia usulkan terlebih dahulu adalah sungai sungai yang berada di wilayah Kecamatan Wongsorejo. Karena sungai di wilayah Banyuwangi utara itu jika musim penghujan sering banjir. Dan airnya meluap ke perkampungan warga hingga di area lahan pertanian setempat.

“Maka dari itu, kami usulkan agar cepat di normalisasi, sehingga sewaktu penghujan tidak banjir lagi. Karena akibat luapan air sungai, pertanian warga di Desa Alasbulu seluas 75 – 30 hektar bawang merah di Desa Bimorejo semuanya terdampak banjir dan hancur serta gagal panen.Namun permasalahan warga terkait pertaniannya ini sudah tertangani, dan sekarang pertanian warga sudah bisa ditanami kembali,” bebernya.

Untuk menjaa segala kemungkinan yang terjadi, imbuh Puput, pihaknya juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait banjir yang di akibatkan dari luapan sungai.

“Dinas Pengairan sendiri melibatkan pihak desa untuk mengawal langsung pemberian penerima manfaat kepada warga setempat yang terdampak luapan air sungai,” pungkasnya. (nda)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button