Daerah

Antisipasi C3, Kapolsek TBU Silaturahmi Kamtibmas di Kelurahan Gulak-Galik

BeritaNasional.ID, BANDAR LAMPUNG – Kapolsek Teluk Betung Utara (TBU), Kompol Indra Herliantho, S.E., M.H, beserta jajaran Bhabinkamtibmas, menghadiri forum silaturahmi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kantor Kelurahan Gulak-Galik, Kecamatan TBU, Bandar Lampung, Kamis (23/7/20).

Dalam kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 SD 11.00 WIB tersebut tampak hadir pula Lurah Gulak galik, Eeng, Bhabinkamtibmas Bripka Mirta Oktoviani,SE, Babinsa, Ketua Pokdar Kelurahan Gulak Galik, Ketua RT se-Kelurahan Gulak Galik, Ketua Lingkungan, serta seluruh anggota Polmas Kelurahan Gulak-Galik.

Pada kesempatan tersebut, mewakili Kapolresta Bandar Lampung, Kombes Pol. Yan Budi Jaya, Kapolsek TBU Kompol Indra Herliantho, SE, MH, melakukan pemaparan, tentang situasi Kamtibmas terutama Curas, Curat, Curanmor (C3) selama satu bulan terakhir di Kelurahan Gulak-Galik sebagai evaluasi dan menyerap aspirasi atau pendapat untuk menanggulanginya dari masing masing ketua RT.

Saat sesi tanya jawab, terlihat antusiasme peserta, dan sebanyak 9 Ketua RT mendapatkan giliran menyampaikan keluhan dan pendapatnya terutama masalah penanggulangan tindak kejahatan C3 yang terjadi di kelurahan Gulak-Galik.

Seluruh pertanyaan dan usulan ditanggapi oleh Kapolsek, dengan memberikan saran serta himbauan dan juga rencana tindak lanjut untuk menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif, juga menyerap informasi sebanyak-banyaknya dari masyarakat dalam upaya mengungkap kasus kriminal terutama C3 yg sudah terjadi.

Diketahui, Kompol Indra Herliantho, S.E., M.H. hampir sepanjang karirnya di Polri selalu bertugas di reserse narkotika dan telah berkali kali mengikuti kursus pendalaman khusus reserse narkotika.

Menanggapi pertanyaan, keluhan, serta pendapat dari para Ketua RT, Kompol Indra Herliantho memberi penjelasan yang sederhana dan mudah dimengerti audiens. “Jika faktor “N” (Niat) dan “K” (Kesempatan) bertemu, pasti akan terjadi tindak pidana. Jadi jangan memberi kesempatan kepada pelaku kejahatan. Caranya dengan menambah kunci ganda, menghimbau warga yang teledor, memasang Portal, dan meningkatkan Siskamling di wilayah masing-masing,” terangnya.

Menyinggung Covid-19 di Lampung, Kompol Indra Herliantho menegaskan, bahwa di Bandar Lampung tidak ada PSBB dan situasi belum normal.

“Beritahu warga Bandar Lampung, disini tidak ada PSBB dan situasinya belum normal. Lampung masih dinyatakan zona merah oleh pusat, terlebih masih bertambahnya yg positif Covid-19 setiaphari. Jadi mari berhati-hati, ikuti anjuran pemerintah, terapkan protokoler, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta hindari keramaian,” jelasnya.

“Sebentar lagi kita akan menghadapi Pilwakot, yang tahapannya sudah dalam taraf Coklit. Saya anjurkan warga yang mempunyai hak pilih untuk mempergunakannya, jangan mempermasalahkan perbedaan calon yang didukung, jangan ada keributan karena hal itu. Terutama para team sukses jangan memancing dan memprovokasi pihak lain. Kalau kami anggota Polri netral, dan perintah pimpinan kami jelas, tidak boleh berpihak pada salah satu calon. Siapapun yang terpilih menjadi Wali Kota Bandar Lampung akan kami lindungi, masih jadi calon saja Polri memberikan pengawalan dan perlindungan” bebernya.

Di penghujung acara, Kapolsek Teluk Betung Utara Kompol Indra Herliantho, S.E., M.H menghimbau kepada perangkat Kelurahan agar tetap menjaga dan memelihara situasi Kamtibmas khususnya diwilayah Kelurahan Gulak-Galik. Bahkan dia berpesan agar warga menjauhi narkoba, dan mengawasi beredarnya narkoba dilingkungan masing-masing.

“Semoga seluruh wilayah hukum Polsek TBU tetap kondusif, terutama saat pandemi Covid-19 dan terlebih menjelang Pilwakot, dan secara umum diwilayah hukum Polresta Bandar Lampung,” tutup Kompol Indra Herliantho. (ijal)

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close